Telat haid apakah pasti karena hamil?

A Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Dokter saya mau tanya istri saya bulan kmren haid tanggal 8 juni tapi bulan ini sampek tanggal 19 juli belum haid juga apa ini tanda hamil Soal nya yang test pack pertama tanggal 13 juni itu samar trus hari berikut nya saya test lagi tanggal 14 juni karena saya penasaran ini hamil atau penguapan .. Saya test dengan 2 test pack berbeda merek hasil nya negatif semua Tapi sampai saat ini belum keluar haid nya Minta penjelasannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Haid merupakan kondisi rutin yang dialami oleh wanita sejak menginjak masa remaja hingga menjelan masa menopausenya. Siklus haid normal seorang wanita adalah 21 hari - 35 hari yang dihitung dari hari pertama haid pada bulan ini hingga hari pertama haid pada bulan atau periode berikutnya. Rata-wata wanita, mempunyai siklus haid 28 hari. Terlambatnya siklus haid, kerap kali di kaitkan dengan adanya kehamilan. Walaupun memang salah satu penyebab dari terlambatnya haid adalah kehamilan, namun terdapat kondisi-kondisi lain pada wnaita yang dapat menyebabkan terlambat haid.

Adapun beberapa kondisi penyebab lainnya adalah:

  • Stres
  • Terlalu lelah
  • Ada masalah pada hormon
  • Ada masalah pada organ reproduksi wanita
  • Efek samping penggunaan KB
  • PCOS
  • Perubahan berat badan secara mendadak
  • Obesitas

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila pada periode sebelumnya istri Anda haid pada tanggal 8 Juni 2020 dan hari ini (20 Juli 2020) belum haid maka sudah mencapai 43 hari, dimana sudah mengalami keterlambatan dari siklus haid yang normal (21 - 35 hari). Penyebabnya bisa merupakan kehamilan, bisa juga karena kondisi lain yang sudah disebutkan. Untuk itu, Anda bisa melakukan tes kehamilan ulang apabila hasilnya masih negatif, Anda bisa melakukan tes kembali dengan jeda tujuh hari kemudian.

Sebisa mungkin berusahalah untuk menghindari stres, menghindari kelelahan, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian Anda. Periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat, agar dapat dilakukan pemeriksana fisik dan pemeriksaan USG kehamilan untuk dapat memastikan penyebabnya. 

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tes NIPT dilakukan untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Tes NIPT Saat Hamil untuk Deteksi Kelainan Janin, Perlukah?

Tes NIPT (Non-invasive prenatal testing) adalah pemeriksaan untuk memeriksa kelainan kromosom tertentu pada janin. Tes ini bisa dilakukan di usia kehamilan 10 minggu.