Telat haid disertai dengan testpack samar, lalu keluar flek cokelat

F Info Penanya: F
Siang dok. Saya telat haid 5 hari. Ketika berhubungan terasa ngilu karna perut bawah saya terasa keras. Saya test pack garis 2 tapi yg 1 tidak begitu keliatan. Besok ya keluar flek coklat, dan besoknya keluar bercak darah tp tidak banyak. Itu kenapa yaa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, F.

Haid atau menstruasi adalah proses alami yang terjadi dalam tubuh wanita, yang diatur oleh sistem hormon tubuh. Normalnya, haid akan dialami secara teratur setiap 21-35 hari. Apabila haid mengalami keterlambatan, kemungkinan ada perubahan sistem hormon tubuh, dimana salah satunya disebabkan oleh kehamilan.

Tanda-Tanda Hamil

Setiap wanita yang hamil pasti akan mengalami terlambat haid, lalu tidak haid sampai pasca persalinan. Nah, selain tidak mengalami haid, ada beberapa tanda lain yang bisa juga dialami oleh wanita hamil:

  • Nyeri pada payudara dan perut
  • Menjadi lebih sering berkemih, karena rahim membesar dan menekan kandung kemih
  • Emosi yang tidak stabil
  • Menginginkan konsumsi makanan tertentu (ngidam)
  • Mual dan muntah, terutama pada pagi hari
  • Gairah seksual yang berubah

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, apabila Anda telat haid disertai dengan testpack yang samar, maka ada kemungkinan kehamilan. Anda disarankan untuk mengulang testpack seminggu kemudian, atau melakukan USG di dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konfirmasi kehamilan.

Flek cokelat yang Anda alami bisa saja disebabkan oleh implantasi, yaitu ketika embrio (pertemuan sperma dan sel telur) melekat di dinding rahim. Tanda implantasi biasanya dialami selama maksimal tiga hari, dan hanya berupa bercak. Apabila flek yang Anda alami lebih dari tiga hari, atau tiba-tiba menjadi deras, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri karena dikhawatirkan ada hal-hal lain. 

Akhir kata, apabila benar hamil, semoga kehamilan Anda berjalan lancar sampai saat persalinan tiba, ya. Konsumsi selalu makanan bergizi yang mengandung asam folat, kalsium, zat besi, serta vitamin dan mineral lainnya, dan imbangi dengan minum air putih yang cukup. Tetaplah bergerak aktif, tapi jangan sampai kelelahan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berbagai cara agar tidak hamil dilakukan oleh sejumlah pasangan yang memilih untuk menunda kehamilan hingga waktu yang tepat

Ingin Menunda Kehamilan? Lakukan Cara Agar Tidak Hamil Ini

Berbagai cara agar tidak hamil dilakukan oleh sejumlah pasangan yang memilih untuk menunda kehamilan hingga waktu yang tepat. Nah, bagi Anda yang termasuk aktif dalam rutinitas hubungan biologis, tetapi memilih untuk menunda kehamilan, penting mengetahui cara agar tidak hamil setelah melakukan hubungan seksual berikut ini.