Apakah penyebab terlambatnya siklus menstruasi?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Hay dok.. Saya mau tanya dok. Kalau saya berhubungan sek sama suami seperma tak pernah di keluarkan di dalam. Karna blum mau punya anak. Kok saya bisa telat dateng bulan ya ( pengantin baru blum kb )
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Setiap wanita sejak usia pubertas (remaja) hingga mencapai masa menopausenya pasti mengalami menstruasi. Normalnya, siklus menstruasi seorang wanita yaitu 21 hari hingga 35 hari di mana rata-rata wanita bersiklus 28 hari. Untuk dapat mengetahui siklus menstruasi seorang wanita bisa dihitung dari hari pertama menstruasi pada periode bulan ini, hingga hari pertama wanita tersebut menstruasi kembali pada periode bulan berikutnya. Terlambatnya siklus menstruasi pada wanita sering kali dikaitkan dengan adanya kehamilan, terutama bagi wanita yang sudah aktif melakukan hubungan seksual.

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur yaitu:

  • Stres
  • Kelelahan
  • Ada masalah hormon
  • Ada masalah pada organ reproduksi wanita
  • Ada masalah berat badan, terlalu gemuk (obesitas) atau terlalu kurus
  • Efek samping obat-obatan
  • Efek samping dari penggunaan KB hormonal
  • PCOS

Walaupun banyak pasangan suami istri yang menantikan kehamilan, namun banyak juga yang ingin menunda kehamilan karena adanya kondisi tertentu. Apabila Anda melakukan hubungan seksual dengan sperma tidak dikeluarkan di dalam vagina, maka tidak ada sel sperma yang bertemu dengan sel telur. Sehingga, kecil kemungkinan atau bahkan tidak terjadi kehamilan. Beberapa penyebab siklus menstruasi Anda tidak teratur bisa dikarenakan salah satu kondisi yang disebutkan di atas.

Saran yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari stres dan kelelahan, cukupi kebutuhan nutrisi harian Anda dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, beristirahatlah dengan cukup, dan lakukan olahraga rutin. Jika ingin menunda kehamilan, dapat menggunakan alat kontrasepsi dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan terdekat bila siklus menstruasi masih tidak lancar. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.