Telat haid apa bisa menandakan kehamilan ?

SU Info Penanya: SU
dok apakah telat haid bisa [email protected] kehamilan , memang telat nya belom lama sih dok baru beberapa hari sajadan berapa minggu kah telat haid apabila istri saya benar2 hamil nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, I.

Telat haid merupakan keluhan yang umumnya diidentikan dengan kehamilan. Namun demikian, selain tanda awal kehamilan, telah haid bisa terjadi karena berbagai faktor pemicu yang berhubungan dengan keadaan hormon pengatur siklus haid yang mengalami ketidakseimbangan.

Adapun berbagai faktor pemicu telat haid yang meliputi :

  • kegemukan atau terlalu kurus
  • kurang berolah raga atau bahkan terlalu banyak
  • pola makan tidak sehat dan gangguan pola makan tertentu
  • kelelahan
  • stres, cemas dan kondisi emosi tidak stabil lainnya
  • konsumsi obat-obatan tertentu
  • penyakit tertentu seperti kista ovarium, sindroma polikistik ovarium, penyakit kelenjar tiroid dan lain-lainnya.

Mengenai pertanyaan Anda tentang telat haid yang menandakan kehamilan, pada dasarnya tidak ada patokan waktu tertentu. Umumnya telat haid yang menandakan kehamilan dapat dideteksi dengan pemeriksaan test pack setelah melebihi 10 hari, atau 2 minggu untuk lebih akuratnya. Pemeriksaan test pack pun baiknya diulang berselang satu minggu setelah pemeriksaan yang pertama kali jika haid masih kunjung belum datang. Adapun tanda kehamilan lainnya yang umumnya menyertai telat haid yang dilami seperti pada artikel berikut ini.

Apabila setelah dilakukan test pack hasilnya tetap negatif, maka mungkin pemicu telat haid pada Istri Anda adalah salah satu faktor diatas. Jika keluhan telat haid melebihi 2 siklus dengan hasil test pack yang negatif, ada baiknya Anda membawa istri Anda untuk diperiksakan langsung kepada dokter Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan nyeri haid dapat dilakukan dengan olahraga

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan 5 Gerakan Olahraga di Rumah

Untuk para wanita yang sedang merasakan nyeri haid, jangan putus asa. Sebab, ada cara menghilangkan nyeri haid dengan melakukan 5 gerakan olahraga ini di rumah.