08 Jul 2020, 05:41Kandungan

Telat haid

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 24 Tahun
Dok, saya mau tanya. Skgkan saya telat haid, siklus haid saya tidak teratur. Haid saya bisa sebulan 2x, misal awal bulan haid, akhir bulan sudah haid. Tgl 26 Mei saya berhub sama suami, tgl 31 nya saya haid sampai tgl 4. Lalu, tgl 21 Juni saya berhub lagi pakai kondom, karna kami blm mau punya anak. Sampe skg saya blm haid dok, udh telat 8 hari. Sedangkan saya tgl 4 juli, sudah ke dokter spod, di usg, tidak knp2, tidak hamil jg. Tp knp sampe skg saya blm haid ya?
9328 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam N,Haid yang tidak teratur adalah masalah yang bisa timbul disebabkan oleh gangguan hormonal, gangguan di saluran reproduksi seperti akibat adanya tumor jinak atau miom, adanya kista, PCOS, masalah berat badan, mengalami masalah psikologis, beban fisik yang berat, penggunakan kontrasepsi dan penyebab lainnya.Apabila berhubungan menggunakan pengaman seperti kondom, maka kemungkinan hamil bisa dicegah dan terlambat haid tidak selalu karena hamil. Untuk itu jika siklus haid tidak teratur dimana bisa lebih cepat dari 21 hari atau lebih lambat dari 35 hari maka perlu memperbaiki apa yang jadi pemicunya.

Cara mengatasi telat haid

Tidak jarang masalah menstruasi disebabkan oleh kebiasaa sehari-hari, jadi untuk bisa memperbaiki siklusnya bisa dilakukan beberapa hal seperti:
  • Memperbaiki jam tidur, upayakan bisa tidur 7-8 jam sehari
  • Mengupayakan tidak bekerja berat
  • Mengurangi beban pikiran dengan mengelola stres
  • Melakukan aktivitas fisik atau olahraga rutin
  • Menjaga berat badan ideal
  • Mencoba menjaga asupan nutrisi, bisa juga dibantu dengan mengonsumsi jahe, kunyit ataupun bahan seperti nanas atau kayu manis untuk melancarkan haid
Apabila haid masih tidak teratur, atau sampai tidak haid lebih dari 90 hari. Bisa coba kembali memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dilakukan evaluasi ulang. Nantinya bisa diberikan obat hormonal dan juga perbaikan keseharian untuk mengatasi masalah siklus menstruasinya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmasalah reproduksigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil