Apa stres memengaruhi siklus haid?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 22 Tahun
Selamat sore dok, saya mau bertanya terkiat haid. Terkahir saya haid tanggal 22 Mei dan sampi sekarang di hari ke-46 sya belum haid. Tapi saya sedang ada tekanan ujian skripsi, apakah stress tersebut memengaruhi siklus saya? Atau saya perlu memeriksakan ke dokter ya? Terimakasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Haid atau menstruasi adalah keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari peluruhan dinding rahim karena tidak terjadi pembuahan. Pada kondisi sehat, haid akan dialami secara teratur, yaitu setiap 21-35 hari, bervariasi pada tiap-tiap wanita. Tetapi, pada mereka yang memiliki hormon tidak seimbang, maka siklus haid akan tidak teratur. 

Salah satu faktor yang menyebabkan hormon tidak seimbang adalah stres atau tekanan psikologis, seperti yang sedang Anda alami saat ini, yaitu akan ujian skripsi. Kondisi stres menyebabkan naiknya hormon kortisol, yang saling memengaruhi dengan hormon estrogen (salah satu hormon yang mengatur haid). Selain itu, kortisol juga memengaruhi salah satu fase haid.

Oleh karena itu, disarankan agar Anda mencoba menenangkan diri dan lebih rileks dalam menghadapi ujian ini, ya. Anda dapat berbagi rasa khawatir kepada orang-orang yang Anda percaya, atau melakukan yoga atau meditasi untuk membantu menenangkan diri. Dengan tingkat stres yang terkendali dengan baik, hormon akan dapat kembali seimbang.

Selain itu, lakukan juga pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, minum air putih yang cukup, serta rutin berolahraga, ya. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan tidur harian juga, yaitu 7-9 jam per hari.

Nah, jika ujian skripsi Anda sudah berlalu, stres sudah menghilang, tetapi Anda tak kunjung haid selama tiga bulan berturut-turut, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan USG. Mungkin saja, ada penyebab lain seperti gangguan hormon tiroid atau PCOS. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
07 Jul 2020, 20:43
Terimakasih banyak dok sarannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
08 Jul 2020, 16:31
Selamat sore SU,
Terima kasih kembali, semoga bermanfaat.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak ada cara cepat haid untuk anak yang bisa dilakukan orangtua karena putri Anda biasanya akan mendapatkan menstruasi pertamanya paling lambat di usia 16 tahun

Adakah Cara Cepat Haid untuk Anak yang Bisa Dilakukan Orangtua?

Pada kondisi normal dan tidak bermasalah, tidak ada cara cepat haid untuk anak yang bisa dibantu oleh orangtua. Namun, jika sang anak belum mendapatkan haid pertamanya hingga usia 16 tahun, bantuan dari dokter akan diperlukan.