Kenapa bisa telat haid?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 23 Tahun
Dok saya mau tanya, saya kan DTG bulan pertanggal 27, tapi bulan mei kmarin saya telat haid dibulan juni baru DTG bulan ditanggal 2. Lah yang bulan juni saya blum datang bulan sampai sekarang. Keluhan yang saya rasakan perut bagian bawah berasa nyeri, payudara nyeri, kadang2 nyeri punggung, perut kembung, kadang pusing, mual tapi tidak muntah, trus pagi tadi saya diare. Udah saya tespack 2 kali tapi hasilnya Negatif. Kira kenapa ya dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Setiap wanita pasti pernah mengalami terlambat haid, karena siklus haid ini sangat dipengaruhi oleh keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh. Hormon-hormon yang sangat berperan seperti estrogen, progesteron, android, tiroid, dll.

Perlu diketahui bahwa terlambat haid tidak selalu disebabkan oleh kehamilan. Sehingga bila sudah dilakukan tes pack dan hasilnya negatif, maka terlambat haid disebabkan faktor-faktor lain seperti stres, kelelahan, kurang nutrisi, atau makanan tidak bervariasi, kegemukan atau malah terlalu kurus, serta adanya penyakit PCOS, hipertiroid, dll.

Keluhan yang Anda rasakan berupa perut bagian bawah terasa nyeri, payudara nyeri, kadang-kadang nyeri punggung, perut kembung, kadang pusing, mual tapi tidak muntah, bisa disebabkan oleh PMS (Premenstrual Syndrome).

Perbaiki pola hidup dan jalankan pola hidup sehat dengan cara:

  • Rutin berolahraga, setiap 30 menit setiap hari.
  • Berjemur sekitar 15 menit untuk kecukupan vitamin D.
  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Batasi asupan makanan berlemak dan gorengan.
  • Tidur secara teratur, sebisa mungkin tidur 8 jam setiap hari dan jangan bergadang.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila dalam 3 bulan Anda tetap tidak haid. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan USG atau pap smear untuk memastikan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi lama bisa disebabkan oleh pemasangan alat KB spiral

Menstruasi Lama? Ini 10 Alasan Penyebabnya, Kanker Salah Satunya!

Menstruasi yang berlangsung lama mungkin hanya merupakan gangguan hormon. Namun, ada 10 kondisi lain yang menyebabkan wanita mengalami menstruasi lama, salah satunya pemasangan alat KB spiral.