Testpack dua garis tapi buram, apakah hamil?

LN Info Penanya: LN, Wanita, 21 Tahun
Selamat malam dok,sya mau tanya dok,sya udah telat haid 2 bulan dok,dan sya juga emang sering telat haid dok. .trs pas d test pack hasilNya 2 garis dok,tpi yg muncul garis kedua warnanya buram dok,kek gak terang gitu..itu hamil ya dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, LN. 

Testpack adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Cara kerja testpack adalah dengan mendeteksi hormon kehamilan hCG dalam urine. Jika hormon tersebut tidak terdeteksi, maka akan muncul satu garis negatif. Sedangkan jika terdeteksi dalam jumlah yang cukup, maka akan muncul dua garis positif.

Jika testpack samar atau buram, ada kemungkinan bahwa hormon hCG terdeteksi dalam jumlah yang kurang. Biasanya, jika diulangi satu minggu kemudian, maka testpack akan menandakan dua garis yang jelas. Oleh karena itu, Anda dapat mengulanginya minggu depan, ya.

Lalu, jangan lupa gunakan testpack dengan cara yang benar:

  • Pastikan testpack tidak kadaluarsa
  • Tampung urine di dalam wadah, lalu buka kemasan testpack
  • Celupkan testpack sampai garis max
  • Diamkan beberapa menit, lalu baca hasilnya

Selain menggunakan testpack, Anda juga dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk melakukan USG konfirmasi. Jika ada kehamilan, maka akan ditemukan gambaran kantung kehamilan pada saat USG.

Nah, apabila Anda benar-benar sudah terkonfirmasi hamil, jangan lupa jaga kesehatan ibu dan janin selama empat puluh minggu Anda mengandung, ya. Konsumsi makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur, serta makanan yang mengandung kalsium dan zat besi. Jangan lupa minum air putih yang cukup. Terakhir, tetaplah bergerak aktif, namun jangan kelelahan ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa mengantisipasi diabetes tipe-2 saat hamil, dengan rutin memantau gula darah.

Waspadai Risiko Diabetes Tipe-2 Selama Kehamilan

Diabetes gestasional membuat Anda dan anak berisiko terkena diabetes tipe-2. Mengapa demikian?