Apa bisa digugurkan?

RD Info Penanya: RD
Selamat sore dokter. Saya mw konsultasi saya telat haid 1 bulan 10 hari... Maaf banget sebenernya saya malu mw bilangnya .anak saya sudah 2 masih kecil2. Dan ini apakah bisa keluar ya dokter. . soalnya saya takut hamil lagi..terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RD,

Aborsi adalah tindakan menggugurkan janin yang bisa dilakukan atas indikasi medis, misal akan membahayakan nyawa ibunya bila kehamilan diteruskan, atau adanya kecacatan pada bayi yang sangat parah. Namun bila tindakan aborsi ini dilakukan diluar indikasi tersebut, maka termasuk tindakan kriminal dan bisa di penjara karena melanggar undang-undang.

Perihal Anda yang terlambat haid, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan tes pack untuk memastikan Anda sedang hamil atau tidak. Karena terlambat haid bukan berarti 100% hamil, namun terlambat haid bisa juga disebabkan oleh kelelahan, stres, banyak pikiran, kurang nutrisi, adanya PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), efek samping KB, dll.

Bila Anda memang belum siap hamil kembali maka sebaiknya menggunakan KB atau kondom ketika berhubungan seksual untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan. Bila Anda melewatkan jadwal KB, Anda bisa meminum morning after pil untuk mencegah pembuahan. Namun perlu dipahami bahwa obat ini bukanlah obat penggugur kandungan dan perlu diminum segera setelah berhubungan seksual, atau maksimal sebelum 72 hari setelah berhubungan seksual.

Sebaiknya Anda melakukan tes pack dan bila hasilnya positif maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk menggugurkan janin Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

penyebab asfiksia neonatorum dan tanda-tanda bayi kekurangan oksigen selepas lahir

Penyebab dan Tanda-Tanda Bayi Kekurangan Oksigen Selepas Lahir (Asfiksia Neonatorum)

Asfiksia neonatorum harus diwaspadai pada bayi. Bahayanya fatal jika bayi kekurangan oksigen selepas lahir. Apa penyebab asfiksia neonatorum?