Bagaimana tanda-tanda kehamilan?

AW Info Penanya: AW
Assalamualaikum dok , saya mau tanya ..Saya pernah mengalami keguguran dok bulan maret , setelah dikiret bulan april saya haid seperti biasa tanggal 8. Bulan mei juni juli pun saya belum haid tapi saya tespack selalu negatif .. Saya merasa perut saya seperti ada yg beda , payudara juga suka nyeri , saya sering kali pusing lemas dan cepat lelah. Tapi saya tidak mual². Terakhir saya usg tanggal 5juni , bidan nya bilang sudah ada kantung nya kalo memang di tespack positif usia nya baru 6mingguan.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AW,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Tanda-tanda kehamilan biasanya mirip dengan gejala menstruasi. Walaupun tidak semua gejala hamil akan muncul pada setiap wanita. Karena beberapa dipengaruhi oleh hormon setiap wanita, sehingga bagaimana mereka bereaksi terhadap perubahan tubuhnya juga akan berbeda.

Beberapa tanda-tanda kehamilan :

  • Terlambat haid
  • Perubahan payudara dan puting 
  • Keluar bercak daraah flek coklat pada vagina
  • Nyeri atau kram perut
  • Mudah lemas dan lelah
  • Mual dan muntah
  • Sensitif pada bau
  • Sering buang air kecing

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan jika hasil testpack Anda positif, bisa saja Anda mengalami kehamilan atau masih ada hormon kehamilan yang masih tertinggal. Sebaiknya untuk memastikannya Anda lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat, dengan makan makanan bergizi dan cukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter / hari, jangan melakukan aktifitas yang terlalu berat dan istirahat cukup minimal 6-8 jam / hari.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ini dia berbagai cara mengatasi perut kembung saat hamil

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil yang Mudah dan Aman

Perut kembung saat hamil adalah hal yang wajar terjadi karena adanya perubahan dalam produksi hormon di tubuh. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meredakannya, mulai dari cara alami hingga menggunakan obat-obatan.