Telat haid dan dismenorhea apakah berbahaya?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Dok sama haid 2bulan 1 kali apa kah normal dok? 2thn ini juga saya kalo haid slalu sakit yang berlebihan,apa kah bahaya dok? Sarannya dong dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Siklus menstruasi wanita pada umumnya tidak datang tepat waktu setiap bulannya. Normalnya durasi lamanya menstruasi hingga menstruasi berikutnya adalah 21-35 hari. Dengan durasi perdarahan selama 3-7 hari. Anda tidak perlu khawatir jika siklus menstruasi Anda maju atau mundur beberapa hari dari biasanya.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan menstruasi datang terlambat adalah kelebihan dan kekurangan berat badan, gangguan hormon dan tiroid, stress atau kelelahan, penggunaan alat kontrasepsi tertentu, penyakit tertentu seperti PCOS dan miom.

Nyeri haid atau dismenorhea adalah nyeri atau kram di perut bagian bawah, yang muncul sebelum atau sewaktu menstruasi. Kondisi tersebut adalah normal pada setiap wanita. Untuk mengatasi dismenorhea dirumah Anda dapat mengatasinya dengan mengompres perut menggunakan kompres hangat, mandi air hangat, atau mengonsumsi obat pereda nyeri haid.

Namun jika dismenorhea datang terus menerus dan semakin memburuk sebaiknya di periksakan ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab nyeri haid

Berbagai Penyebab Nyeri Haid, Mulai dari Kondisi Normal hingga Serius

Apakah nyeri haid termasuk kondisi normal? Apa penyebabnya? Jika Anda sedang haid atau menstruasi, pertanyaan tersebut pasti kerap muncul dalam benak Anda. Temukan jawabannya di artikel berikut.