Pertama kali haid dan selanjutnya tidak teratur

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Dok saya mau tanya,,umur saya 13 THN dok,TPI saya udh telat haid selama 2 bulan,padahal saya baru pertama haid sebelum 2 bulan itu dok,sebelum telat haid,saya udh keluar haidnya tapi baru satu bulan,TPI terusanya GK keluar lagi dok.Ada apakah ini?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Siklus haid dimulai saat remaja / pubertas dan biasnaya berakhir saat masa menopause. Secara normal, siklus haid adalah 21 - 35 hari dengan rata-rata wanita memiliki siklus haid 28 hari. Untuk mengetahui siklus haid, bisa dihitung dari hari pertama haid pada bulan ini sampai dengan hari pertama haid pada bulan (periode) berikutnya. Lamanya seorang wanita mengalami haid adalah 2-14 hari dengan rata-rata wanita mengalami haid selama 3-7 hari. 

Adapun beberapa hal dibawah ini dapat mempengaruhi siklus haid, yaitu:

  • Adanya masalah hormonal
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • Stres
  • Kelelahan
  • Obesitas (kegemukan) atau justru karena berat badan kurang
  • Perubahan berat badan yang terjadi secara mendadak
  • PCOS
  • Efek samping dari penggunaan KB

Terkait dengan keluhan Anda, bisa dikarenakan hormon reproduksi yang belum stabil karena Anda masih dalam masa pubertas. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, perbanyak konsumsi sayur dan juga buah-buahan, istirahat dengan cukup, lakukan olahraga agar badan sehat, hindari stres dan kelelahan.

Bila terdapat keluhan terkait dengan organ reproduksi, segera sampaikan kepada orang tua agar diperiksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!