Terlambat haid apa penyebabnya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 19 Tahun
selamat pagi dok, saya sudah telat haid 4 hari , di bulan april saya haid pada tanggal 19 april, lalu di bulan mei tgl 17 saya kembali haid berarti kan siklusnya normal ya dok 28 hari, tetapi ini sudah sampai 20 juni saya blm haid juga, dan hitungan siklus haid sudah 35 hari. apakah saya hamil dok? atau hitungan siklus haid juga bisa melebihi dari 35 hari?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menstruasi normal pada wanita, biasanya terjadi 1 bulan sekali dengan siklus menstruasi antara 21-35 hari. Durasi perdarahan 3-7 hari. Berbeda beda tiap individu. Siklus menstruasi tidak datang tepat waktu setiap bulannya. Terkadang bisa maju dan bisa mundur karena beberapa kondisi.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan siklus menstruasi datang terlambat :

  • Kehamilan
  • Kekurangan atau kelebihan berat badan
  • Gangguan hormon dan tiroid
  • Kelainan penyakit tertentu seperti PCOS dan Miom

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, Anda bisa lakukan testpack terlebih dahulu untuk memastikannya. Jika hasil testpack positif kemungkinan Anda hamil, jika hasil testpack negatif, kemungkinan terlambatnya menstruasi Anda di sebabkan oleh penyebab lain. Saran saya, konsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, konsmsi banyak air putih, olahraga teratur, istirahat cukup, dan jangan terlalu lelah. Jika Anda tidak kunjung haid, hingga lebih dari 1 bulan, sebaiknya periksakan lebih lanjut ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Strategi merencanakan kehamilan, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan.

8 Buah untuk Program Hamil, Sudah Coba yang Mana?

Merencanakan kehamilan juga memerlukan strategi termasuk makanan, seperti buah. Beberapa buah yang cocok dikonsumsi, seperti sitrus, berries,alpukat, mangga, pisang dsb.