Telat haid dan hasil tes kehamilan samar, apakah hamil?

RW Info Penanya: RW
Mohon bantuannya dok,,sy haid terkhir awal puasa tgl 24 april 2020 sampe tgl 30 april 2020 kmdian tgl 23 bualn mei sy belm haid sampe skr dok,,sy pagi ini coba tespek tp garis 1 cuma dibawahnya ada garis tipis banget donk keliatan samar sekali apakah sy bs dikatakan positif hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RW

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Kehamilan adalah kondisi yang diinginkan oleh hampir seluruh pasangan suami istri. Tanda pasti dari kehamilan yang paling mudah dilakukan sendiri adalah dengan hasil positif pada tes kehamilan, pemeriksaan fisik diagnostik yang dilakukan oleh dokter dan juga pemeriksaan USG kehamilan oleh dokter spesialis kandungan.

Siklus haid normal wanita dalah 21 - 35 hari dan rata-rata pada wanita mempunyai siklus haid 28 hari. Selain karena kehamilan, terdapat beberapa hal yang mempengaruhi siklus haid.

Adapun beberapa hal tersebut yaitu:

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika muncul garis yang samar maka kemungkinan Anda positif hamil. Anda bisa melakukan tes kehamilan ulang dengan jeda 1 minggu kemudian. Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang seperti USG kehamilan untuk memastikan dan juga mengetahui kondisi kehamilan Anda.

Usahakan tetap mengonsumsi makanan bergizi, hindari kelelahan dan stres, jaga kondisi tubuh agar tetap bugar dengan olahraga ringan, serta jaga kebersihan diri.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Plano test bisa dilakukan menggunakan sampel darah maupun urine.

Mengenal Plano Test, Uji Kehamilan Lewat Urine Maupun Darah

Plano test adalah pemeriksaan yang untuk mengonfirmasi kehamilan dengan cara mendeteksi ada atau tidaknya hormon kehamilan (hCG). Ya, ini dalah pemeriksaan kehamilan yang sebenarnya umum dilakukan.