01 Jun 2020, 09:16Kandungan

Telat haid satu bulan, apakah normal?

M
Info Penanya: M0
Dok mau tnya , dari bln maret dan april saya sdh haid pd tgl 27/28 , saya emng dri bln bln sebelumnya agak telat prtma biasanya tgl belasan sampai 20an , nah bln mei saya blm haid dok inj sdh masuk 1juni sedangkan bln april saya haid tgl27 april dan mei blm? Itu gmna dok? Apa msih normal? Apa ada masalah di diri saya? Saya masih berumur 17tahun, biasanya saya sebelum haid muncul keputihan gitu dok emng udh muncul" skrg tpi blm haid jg, mohon dijawab ya dok terima kasihh...
16262 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat pagi MH,Terlambat haid adalah keluhan yang bisa timbul jika tidak kunjung mengalami menstruasi lewat dari 35 hari. Terlambat haid bisa timbul apabila sudah timbul menstrausi baik yang masih remaja sampai pada yang sudah berusia puluhan tahun.Jika sering terlambat haid atau siklusnya lebih dari 35 hari bisa dikatakan sebagai siklus yang tidak normal ya. Keterlambatan haid yang bisa dipicu oleh beberapa penyebab seperti:
  • Gangguan organ reproduksi seperti endometriosis, mioma uteri, PCOS dan lainnya
  • Adanya gangguan psikologis seperti stres atau cemas
  • Kelehaan fisik
  • Masalah berat badan seperti penurunan berat badan drastis
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Gangguan kesehatan lain seperti gangguan tiroid
Jika sering mengalami gangguan siklus menstruasi, bisa minta diantarkan orang tua untuk mengantar periksa pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan.Untuk sementara bisa coba perbaiki gaya hidupnya ya, cukup istirahat, tidur 7-8 jam perhari, jangan banyak beban pikiran atau stres, olahraga teratur, makan makanan bergizi, konsumsi bahan alami yang membantu melancarkan menstruasi seperti kunyit, nanas, cuka apel, dan kayu manis. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil