Telat menstruasi apakah kemungkinan bisa kehamilan?

EM Info Penanya: EM, Wanita, 20 Tahun
Dok, saya terakhir haid 27 Januari 2019. Lalu saya berhubungan intim tgl 7 Februari 2019. Setelah berhubungan saya belum haid juga dok. Bulan April saya tespek hasilnya negatif, Tanggal 20 April keluar seperti flek warna merah hanya 3 hari dok disertai kram perut dan seminggu sebelum keluar flek, payudara saya terasa sensitif. Tapi dibulan ini saya belum haid sama sekali dok. Dan tanda2 kehamilan yg saya baca di Artikel2, saya tidak merasakannya. Apakah kemungkinan hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Hampir setiap wanita mengalami menstruasi. Menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi. Normalnya, siklus menstruasi wanita setiap 28 hari dan atau 21-35 hari. 

Hampir setiap wanita pernah mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur karena memang pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi siklus mens seseorang.

Faktor penyebab telat haid

Faktor yang mempengaruhi siklus mens yang tidak teratur, sehingga menyebabkan telat haid, yaitu:

  • Faktor stres.
  • Faktor kecapekan fisik.
  • Berat badan yang tidak ideal.
  • Pola makan yang buruk.
  • Penggunaan KB.
  • Kehamilan. 
  • Kondisi medis seperti PCOS, gangguan tiroid, fibroid rahim, dll.

Terkait dengan kondisi yang Anda alami ini, Anda mengalami menstruasi di bulan Januari 2020 dan di bulan Februari Anda melakukan hubungan seks. Lalu, pada bulan April Anda mengalami flek darah selama 3 hari. Flek darah tersebut merupakan bagian dari menstruasi Anda sebenarnya. Lalu, jika pada bulan Mei ini Anda belum juga haid, penyebabnya bukan karena kehamilan. Alasannya adalah karena Anda tidak ada berhubungan seksual di bulan April-Mei. Sehingga penyebab Anda telat haid kemungkinan karena salah satu kondisi diatas. Anda tidak perlu khawatir karena Anda telat haid di bulan ini. 

Untuk melancarkan haid Anda kembali, Anda bisa melakukan tips berikut ini yaitu menghindari stres, makan makanan yang bergizi, rutin berolahraga, melakukan yoga, mengkonsumsi vitamin C, mengkonsumsi jahe, kunyit, rempah-rempah, dan juga nanas. Jika sampai bulan depan Anda tidak kunjung haid, maka saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.