Terakhir haid di Bulan Maret, berapakah usia kandungan saat ini?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok. HPHT saya 21 Maret 2020. Sampai bulan mei tanggal 17 saya tidak haid. Saya respek positif dok. Saya juga mengalami keluarnya flek kecoklatan saja dan itu pun sedikit sampai hari ini tanggal 17 Mei 2020 keluar lagi flek nya kira2 usia kehamilan saya sekitar berapa bulan dok ??Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, C.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Telat haid sering dikaitkan dengan tanda kehamilan. Memang benar adanya, jika ketika seorang wanita mengalami kehamilan, maka siklus haid akan berhenti akibat munculnya hormon HCG di dalam tubuh wanita tersebut. 

Tanda-tanda kehamilan

Ada beberapa tanda kehamilan selain telat haid yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Perubahan mood atau suasana hati.
  • Nyeri pada payudara. 
  • Kelelahan.
  • Mual atau morning sickness.
  • Keluar flek-flek darah.
  • Kram perut.
  • Mudah lapar. 

Terkait dengan kondisi Anda ini, jika HPHT Anda tanggal 21 Maret 2020, maka kemungkinan usia kandungan Anda saat ini adalah 8-9 minggu. Ini merupakan trimester pertama kehamilan Anda. Dimana pada trimester pertama, janin belum terlalu kuat sehingga sangat rentan sekali mengalami keguguran. Untuk itu, Anda tidak boleh terlalu capek, tidak stres, perbanyak istirahat, makan makanan yang bergizi, dan konsumsi vitamin asam folat. Selain itu, Anda juga harus rutin kontrol ke dokter kandungan. Sehingga perkembangan janin Anda dapat dipantau dengan baik.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selama kehamilan, salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah susu untuk ibu hamil.

Manfaat dan Berbagai Jenis Susu Ibu Hamil

Asupan kalsium diperlukan selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral bayi. Wanita yang melahirkan ketika berusia 19 tahun atau lebih tua, membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium.