Telat haid beberapa hari, apa penyebabnya?

3 Info Penanya: 3, Wanita, 27 Tahun
Maaf dok, saya bulan 12 maret haid stelah itu berhubungan. 9 april nya saya haid tapi sampai sekarang saya belum haid lagi dok..Sedangkan saya terakhir bertemu suami 22 maret dok (merantau)..Kira" apa yg harus saya lakukan ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, T.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Haid adalah proses keluarnya darah yang dialami oleh setiap wanita. Normalnya, haid berlangsung setiap 28 hari. Tetapi, pada beberapa wanita ada yang berlangsung setiap 21-35 hari. Itu masih normal.

Kondisi yang Anda alami saat ini adalah Anda mengalami telat haid. Tetapi, telat haid disini bukan disebabkan karena kehamilan. Karena terakhir kali Anda berhubungan badan dengan suami di bulan Maret dan pada bulan April, Anda haid. Jadi, sangat tidak mungkin terjadi kehamilan. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan Anda telat haid, yaitu faktor stres, pola makan yang buruk, berat badan yang tidak ideal, penggunaan KB, kelelahan fisik, dan kondisi medis seperti PCOS.

Cara melancarkan haid

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu: 

  • Menghindari stres.
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal.
  • Rutin berolahraga.
  • Melakukan relaksasi dengan yoga.
  • Kompres air hangat di area perut.
  • Mengkonsumsi vitamin C, jahe, dan nanas. 

Jika sampai bulan depan, Anda belum juga mengalami menstruasi, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.