Apakah pasti hamil jika tidak haid?

N Info Penanya: N, Wanita, 19 Tahun
Halo dok, saya berhubungan intim pertama bulan okt 2019, dan saat bulan nov saya haid dan itu haid terakhir saya, sampe skrg blm haid dan terakhir sy berhubungan intim pada bulan januari 2020 apakah itu bisa menyebabkan kehamilan atau ada gangguan lain yah dok? Saya coba tespek sekali pd bulan desember hasilnya satu garis samar, mohon penjelasan nya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, N.

Haid atau menstruasi adalah kondisi normal yang dialami wanita usia subur. Seorang wanita sehat akan mengalami haid setiap 21-35 hari, bervariasi tiap orangnya. Haid akan berlangsung selama 3-8 hari yang ditandai dengan keluarnya darah dari liang vagina. 

Apabila haid datang terlambat, ada beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi, misalnya penggunaan alat kontrasepsi hormonal, stres yang berlebihan, berat badan yang tidak normal, gangguan rahim seperti PCOS, maupun kehamilan. Apabila dicurigai adanya kehamilan, sebaiknya lakukan testpack sebagai langkah awal.

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, apabila Anda melakukan hubungan seks secara rutin dan bulan November adalah terakhir kali Anda haid, maka saat ini Anda ada kemungkinan hamil. Sebaiknya lakukan testpack ulang saat ini, karena Anda masih berhubungan lagi setelah Desember Anda testpack. Apabila positif, selamat! Jangan lupa konsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup selama kehamilan.

Tetapi apabila hasilnya negatif, kemungkinan ada penyebab lainnya dan disarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab pastinya. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan USG dan memberikan terapi yang tepat untuk Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab vagina terasa gatal adalah infeksi jamur pada vagina

Vagina Terasa Gatal Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab vagina terasa gatal saat hamil salah satunya terjadi karena perubahan tingkat keasaman (pH) pada vagina. Akibatnya, muncul iritasi pada permukaan kulit di area tersebut. Walaupun begitu, vagina terasa gatal bukanlah sesuatu yang berbahaya.