Apa penyebab terlambat haid pada usia 47 tahun?

SD Info Penanya: SD
Hallo dok..saya usia 47 thn..biasanya saya mnum pil kb diane..haid saya sering mundur 4 atau 5 hari..terakhir haid tgl 29 pebruatri..mnum pil lagi tp sampai bulan mei kok tidak haid..padahal sudah saya tespec kehamilan negatif..trs apa pnyebabnya dok...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SD.

Menstruasi atau haid adalah proses normal yang ditandai dengan darah akan keluar dari liang vagina selama 3-8 hari (bervariasi setiap wanita). Haid akan datang setiap 21-35 hari secara teratur pada wanita yang sehat. Haid dialami oleh wanita usia subur, mulai dari remaja sampai ketika menopause di masa lansia.

Menopause adalah kondisi normal yang dialami oleh wanita pada usia lanjut. Rata-rata wanita mengalami menopause di usia 45-55 tahun. Menopause biasanya dimulai dengan siklus haid yang tidak teratur, sampai akhirnya benar-benar berhenti. Selain itu, wanita yang menopause juga akan mengalami perubahan emosi, tekstur kulit, dan kepadatan tulang.

Oleh karena itu, kondisi yang Anda alami bisa saja disebabkan oleh pre-menopause. Selain itu, kemungkinan lain terlambat haid Anda adalah karena penggunaan kontrasepsi hormonal, stres yang berlebihan, turun atau naik berat badan secara cepat, atau hal-hal lainnya. Disarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pola hidup sehat agar tetap bugar saat masa tua nanti. Konsumsi makanan yang bergizi, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga ringan, dan hindari stres sebisa mungkin, ya. Hindari juga asap rokok dan polusi yang memberikan radikal bebas ke kulit.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.