Telat haid 6 hari, bagaimana penanganannya ?

BA Info Penanya: BA, Wanita
Dok saya wanita umur 16 tahun,saya sudah telat haid selama 6 hari. waktu bulan kemarin sesudah haid saya mengalami keputihan berwarna coklat tapi hanya berlangsung selama 3 hari.Saya biasanya kalau telat haid hanya telat 2/3 hari saja cuma untuk bulan ini udh hari ke 6 tidak kunjung haid juga. Jadi ini bagaimana dok?terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, BA.

Telat haid adalah salah satu bentuk gangguan siklus menstruasi yang kerap kali dialami oleh wanita. Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi, baik secara fisik maupun psikis.

Adapun beberapa faktor penyebab gangguan siklus menstruasi dan keterlambatan haid :

  • faktor genetik atau keturunan
  • status gizi yang tidak normal
  • sedang menjalani aktivitas fisik tertentu, seperti pada atlet
  • kelelahan
  • pola makan yang tidak sehat
  • stres dan gangguan mental atau emosional lainnya
  • penggunaan obat-obatan tertentu 
  • kondisi medis tertentu seperti kehamilan
  • penyakit tertentu seperti gangguan pada alat reproduksi atau gangguan hormon tiroid

Terkait dengan keluhan Anda, keadaan terlambat haid selama 6 hari umumnya tidak berbahaya dan dapat terjadi karena salah satu faktor diatas. Secara normal, siklus menstruasi berkisar pada 21-35 hari. Namun keadaan sehari-hari seperti pola makan, pola aktivitas dan pola istirahat pun dapat menjadi pemicu gangguan haid. Mengenai keputihan coklat yang keluar setelah haid masih normal dialami jika tidak berkelanjutan, karena dapat berupa cairan vagina yang berdampur dengan sisa darah haid. Untuk memastikan penyebab dari keluhan yang dialami, diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter Spesialis Kandungan.

Untuk sementara Anda dapat melakukan beberapa tips alami pada artikel "7 cara ampuh mengatasi haid tidak lancar" berikut, untuk membantu mengatasi keterlambatan haid yang Anda alami.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kondisi yang menjadi penyebab nyeri haid

Berbagai Penyebab Nyeri Haid, Mulai dari Kondisi Normal hingga Serius

Apakah nyeri haid termasuk kondisi normal? Apa penyebabnya? Jika Anda sedang haid atau menstruasi, pertanyaan tersebut pasti kerap muncul dalam benak Anda. Temukan jawabannya di artikel berikut.