Hamil apa harus mual?

FE Info Penanya: FE, Wanita, 1 Tahun
Malam dok saya mau tanya jadi saya udah 40 harian lebih lah gk haid dok ?apa saya bisa mengalami kehamilan dan apa kehamilan bisa terjadi tanpa merasakan tanda tandanya dok? Trims dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FE,

Kehamilan terjadi bila sel telur bertemu dengan sperma yang biasanya terjadi di masa subur wanita. Tanda awal kehamilan memang ditandai dengan terlambat haid, namun terlambat haid tidak selalu disebabkan oleh kehamilan.

Gejala awal hamil muda:

  • Mual muntah, terutama pagi hari.
  • Badan lemas.
  • Sakit kepala atau penglihatan berkunang-kunang.
  • Perut terasa kram.

Namun munculnya gejala-gejal di atas bukan berarti selalu hamil meski disertai dengan terlambat haid. Dan tidak semua kehamilan memiliki tanda-tanda hamil di atas. Sehingga untuk memastikan Anda sedang hamil atau tidak harus menggunakan tes pack.

Anda bisa melakukan tes pack bila sudah 7 hari terlambat haid. Bila hasilnya samar Anda bisa mengulangnya kembali setelah 7 hari dari tes pack yang pertama.

Bila hasilnya negatif, maka terlambat haid bisa disebabkan karena:

  1. Stres.
  2. Kelelahan.
  3. Perubahan berat badan.
  4. PCOS.

Lakukan pola hidup sehat dengan banyak olahraga dan makan sayur dan buah, serta cukup tidur. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila dalam 3 bulan Anda tetap tidak haid dan tidak sedang hamil.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

PCOS (polycystic ovarian syndrome) adalah salah satu penyebab gangguan kesuburan pada wanita

Sulit Hamil? Mungkin Anda Memiliki Risiko Infertilitas Ini

Perempuan dianggap mengalami infertilitas apabila tidak hamil saat sudah mencoba hamil dalam kurun satu tahun. Penyebab infertilitas pada perempuan cukup beragam, misalnya infeksi saluran reproduksi dan PCOS (polycystic ovarian syndrome). Kenali faktor risiko infertilitas untuk meminimalisir terjadinya infertilitas.