Telat haid lebih dari 2 minggu, tidak pernah berhubungan seksual

DD Info Penanya: DD, Wanita, 21 Tahun
Halo, dok. Pada bulan 3 akhir bulan kemarin saya masih mengalami menstruasi tepat ditgl 25 selama seminggu, tapi setelah itu saya belum mengalami menstruasi lagi sampai bulan 5 sekarang, dan saya tidak prnah melakukan hubungan intim setelah mengalami menstruasi pada bulan 3 lalu. Apakah ada kelainan hormon yg terjadi pada saya atau itu pertanda saya hamil? Selama saya tidak menstruasi saya mengalami keputihan yang berbeda beda terkadang kering, kadang seprti putih telur dan mengeluarkan bau.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DD,

Terlambat haid adalah keluhan yang bisa timbul tidak hanya pada yang sudah aktif secara seksual tetapi juga pada yang belum pernah melakukan hubungan seksual.

Penyebab siklus mentruasi tidak teratur dan terlambat menstruasi

Terlambat haid sendiri tidak hanya karena kehamilan tapi bisa disebabkan beberapa penyebab lain seperti:

  • Masalah hormonal
  • Gaya hidup kurang sehat
  • Kurang tidur atau kurang beristirahat
  • Terlalu banyak beban pikiran
  • Berat badan yang menurun drastis
  • Masalah kesehatan lain seperti masalah tiroid ataupun masalah di organ reproduksi

Kalau tidak pernah melakukan hubungan seksual tentunya tidak karena hamil. Keputihan sendiri bisa karena kebersihan organ intim yang kurang terjaga baik. Kalau ada bau, gatal, atau perubahan konsistensi dan keputihan lebih banyak bisa jadi pertanda adanya infeksi bakteri ataupun jamur.

Jadi ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan jika masih sering mengalami keputihan yang tidak normal ataupun tidak juga menstruasi sampai lebih dari 90 hari. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pubertas dini atau masa pubertas yang terjadi lebih cepat memiliki penyebab, faktor dan dampak

Pubertas Dini pada Anak-anak, Dampak Apa Saja yang Akan Menyerang?

Pubertas dini atau masa pubertas yang terjadi lebih cepat memiliki penyebab, faktor dan dampak bagi yang mengalaminya. Salah satu penyebab dari pubertas dini, yaitu karena adanya cedera pada otak yang mengganggu keseimbangan hormon dan tumor.