Telat haid apakah boleh melakukan hubungan suami istri?

V Info Penanya: V
Halo dok,saya sudah terlambat haid 3 hr.pagi ini saya mual karna cium bau ikan.tp suami saya minta brhubungan intim apakah boleh dok.?trs untuk cairan nya apa hrs di buang di dalem ya dok.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, V

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Hampir setiap pasagan suami isiri menginginkan keturunan, sehingga di lakukan progam untuk kehamilan. Untuk mendukung keberhasilannya proses kehamilan selain dilakukan ejakulasi di dalam vagina yang bertujuan untuk memudahkan sel terlur wanita bertemu dengan sel sperma dari pria, sebaiknya juga dilakukan pada saat wanita sedang dalam masa subur.

Tanda pasti dari kehamilan adalah hasil positif dari tes kehamilan, hasil pemeriksaan fisik dari dokter serta hasil pemeriksaan USG kehamilan oleh dokter spesialis kandungan. Keluhan mual/muntah, pusing, sensitif terhadap bau-bauan, mudah lelah, dan lain sebagainya bukan merupakan tanda pasti dari kehamilan atau bisa saja dikeluhan karena adanya kondisi/penyakit lain.

Terkait dengan pertanyaan Anda, sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan terlebih dahulu. Bila hasilnya samar-samar, bisa dilakukan tes kembali dengan jeda 1 minggu kemudian. Jika Anda ragu-ragu, bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat. Bila hasil tes kehamilan posiif, sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu.

Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini adalah:

  • Hindari kelelahan fisik dan stres
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak sayur dan buah-buahan
  • Cukupi kebutuhan cairan harian
  • Lakukan olahraga ringan
  • Jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga tergolong sebagai salah satu cara melancarkan haid secara alami

Secara Alami atau Obat, Ini Cara Melancarkan Haid yang Aman

Ketika menstruasi Anda tersendat, Anda bisa memilih beragam cara melancarkan haid secara alami. Mulai dari olahraga hingga yoga. Anda juga bisa mengonsumsi obat memperlancar haid yang diresepkan oleh dokter bila diperlukan.