Apakah penyebab haid yang tidak teratur, dan muncul bercak perdarahan merupakan tanda kehamilan?

CW Info Penanya: CW, Wanita, 25 Tahun
Dok. Siklus haid saya lebih cepat 1 minggu dari bulan sebelumnya, bulan kmrin saya haid tgl 4 bulan skrg baru haid tgl 8, saya mau tanya apa itu proses pngeluaran darah saat akan hamil atau haid sperti biasa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, CW

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi pada wanita normal pada 21 - 35 hari. Cara mengetahui siklus menstruasi dimulai dari hari pertama menstruasi bulan ini sampai dengan  hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Rata-rata wanita mempunyai siklus 28 hari. Hormon dalam tubuh wanita berperan sangat penting untuk terjadinya proses menstruasi. 

Beberapa faktor yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur adalah:

  • Adanya masalah pada organ reproduksi
  • Obesitas
  • Adanya masalah hormonal
  • Penggunaan KB
  • Stres
  • Aktivitas fisik yang berlebihan
  • PCOS

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang sudah disebutkan di atas. Tanda pasti kehamilan selain tes kehamilan yang menunjukkan hasil positif adalah dengan dibuktikan oleh pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG kehamilan yang dilakukan dokter. Untuk itu Anda bisa melakukan tes kehamilan untuk mengetahui Anda hamil atai tidak. Jika Anda ragu-ragu, bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan USG.

Usahakan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi, hindari stress dan kelelahan, istirahat cukup, lakukan olagraga ringan serta jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.