Ejakulasi di luar vagina dan terlambat haid, apakah hamil?

AM Info Penanya: AM, Wanita, 22 Tahun
Halo dok saya 2 bulan lalu berhubungan intim buang di luar 2 minggu setelahnya saya haid, tapi setelah haid itu saya tidak haid lagi sampai 2 bulan ini, apa kemungkinan saya hamil atau tidak? Jika tidak apa yang harus saya lakukan atau konsumsi agar bisa haid lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AM

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Haid atau menstruasi merupakan suatu keadaan normal yang dialami wanita. Normalnya siklus haid pada wanita berkisar 21-35 hari. Rata-rata 28 hari. Siklus haid ini dihitung dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi di bulan berikutnya. Siklus menstruasi ini terjadi salah satunya karena peran hormon dalam wanita. 

Adapun beberapa hal yang bisa menyebabkan terlambatnya siklus menstruasi adalah sebagai berikut ini:

  • Masalah pada organ reproduksi wanita
  • Masalah hormonal
  • Masalah status gizi (obesitas / berat badan kurang)
  • Keadaan psikologis (stres)
  • Keadaan fisik (kelelahan)
  • PCOS
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal, seperti suntik KB, pil KB
  • dan sebagainya

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika ejakulasi dilakukan di luar vagina maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangatlah kecil. Jika sat ini Anda terlambat menstruasi, mungkin saja bisa terjadi karena beberapa hal yang sudah tercantumkan di atas. Namun, jika anda ragu, Anda bisa melakukan tes kehamilan.

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan tetap mengonsumsi makanan bergizi,hindari stres dan kelelahan, istirahat cukup, lakukan olahraga ringan. Jika masih belum mendapatkan tanda-tanda menstruasi, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa hangat pada air hangat dapat membuat tubuh rileks dan mengurangi nyeri haid yang dirasakan

Nyeri Haid Terasa Mengganggu? Begini Cara Menanganinya

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid sebelum dan saat periode menstruasi. Beberapa cara ampuh menangani nyeri haid tak tertahankan, antara lain berolahraga ringan.