Telat menstruasi dan testpack negatif. Apakah terlalu dini melakukan testpack?

AR Info Penanya: AR, Wanita, 1 Tahun
Maaf dok, mw tnya. Sya trkhr haid tgl 24-27 maret.. Smpai skrg belum haid... Tpi dcek pakai tespek kok msh negatif ya dok..apakh ngetes nya terlalu dini... Trmksh... Sy tnggu jwbnnya...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Telat haid adalah keluhan yang paling sering dikaitkan dengan kehamilan, padahal ada beragam penyebab terlambat haid. Beberapa penyebab siklus menstruasi tidak teratur dan terlambat menstruasi bisa dipengaruhi oleh gaya hidup sehari-hari seperti:

  • Kelelahan
  • Ada beban pikiran berlebih atau stres
  • Aktivitas fisik atau sering olahraga berat
  • Menggunakan alat kontrasepsi
  • Penurunan berat badan yang ekstrim
  • Ada gangguan lain di organ rahim atau indung telur

Jadi jika memang penyebabnya bukan kehamilan, maka testpack akan negatif. Perhatikan dalam 2 minggu kedepan, kalau masih tidak haid bisa dilakukan pemeriksaan testpack ulang. 

Jika hasilnya tetap negatif atau samar, perlu dipastikan dengan pemeriksaan USG. Upayakan juga perbaiki pola hidup sehari-hari agar menstruasi bisa lebih lancar.

Bisa coba juga melancarkan haid dengan bahan alami seperti mengonsumsi kunyit, jahe, nanas, cuka apel atau kayu manis yang dibuat menjadi minuman. Kalau sampai 90 hari masih tetap tidak haid juga, periksakan pada dokter spesialis kandungan untuk penanganan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kayu manis dapat digunakan untuk membuat minuman pelancar haid alami

5 Minuman Pelancar Haid Alami Ini Bantu Anda Yang Sering Telat Datang Bulan

Beberapa perempuan mungkin ada yang rutin membeli minuman pelancar haid demi menstruasi yang lancar. Padahal tidak harus membeli, Anda bisa menemukan bahan-bahan alami untuk membuat minuman pelancar haid sendiri di rumah.