Telat haid 6 hari, apakah bisa tes kehamilan?

D Info Penanya: D
Assalamualaikum dok,saya trakhir haid tgl 1bulan Maret,namun ini sudh telat 6 hari apskah sudh bisa saya tespek dok?selain itu saya juga mengalami kram perut,mual sekali2,payudara nyeri dan mudah lelah tp saya tidak ada keluar flek dok itu bagaimana ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Hampir setiap pasangan menginginkan keturunan. oleh karena itu kehamilan merupakan kondisi yang dinantikan oleh hampir setiap pasangan. Untuk mendukung berhasilnya proses kehamilan bisa dimulai dari mengetahui siklus menstruasi sehingga dapat menentukan masa subur. Siklus menstruasi dimulai dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Siklus emnstruasi ini disebut normal jika terjadi pada 21 -35 hari. rata-rata wanita mempunyai siklus 28 hari. 

Adapun kondisi yang menyebabnya terlambat menstruasi adalah sebagai berikut:

  • Kehamilan
  • Stres
  • Aktivitas fisik yang berlebih
  • Status gizi seseorang (obesitas / berat badan kurang)
  • Adanya masalah hormonal
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • PCOS

Terkait dengan pertanyaan Anda, tanda pasti dari kehamilan diantaranya adalah hasil tes kehamilan, hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter, serta hasil pemeriksaan USG kehamilan. Anda bisa melakukan tes kehamilan jika memang sudah terlambat haid, jika hasilnya negatif Anda bisa mengulang tes kehamilan kembali dengan jeda 1 minggu kemudian. Jika Anda ragu-ragu, periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG kehamilan.

Pastikan Anda menghindari stres, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, hindari aktifitas berlebihan, istirahat cukup, dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap sehat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengaruh usia pada kehamilan ditunjukkan dengan keadaan fisik dan mental yang berbeda pada kehamilan

Perbedaan Menjalani Kehamilan di Usia 20, 30, dan 40-an

Pengaruh usia pada kehamilan ditunjukkan dengan keadaan fisik dan mental yang berbeda pada kehamilan di usia 20-an, 30-an, dan 40an.