Terlambat haid, apakah hamil?

LS Info Penanya: LS, Wanita, 28 Tahun
Siang dok, saya SZ, saya mau tnyak terakhir saya haid tggal 14 maret, terus bulan april kosong, dan muncul flek tanggal 5mei, tapi sebelumnya, 1mggu kebelakang saya mual hebat selama 4hri,dan PD saya nyeri dan sedikit membengkak, apa saya hamil atau hanya telat haid saja? Terimakasih dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, LSZ.

Menstruasi atau haid adalah proses keluarnya darah dari liang vagina. Darah tersebut berasal dari luruhnya dinding rahim yang telah dipersiapkan untuk implantasi embrio saat hamil. Oleh sebab itu seseorang yang hamil tidak akan mengalami peluruhan dinding rahim dan tidak haid selama kurang lebih 40 minggu.

Terkait pertanyaan Anda, jika Anda pada tanggal 14 Maret haid dan tanggal 5 Mei keluar bercak (sekitar 7 minggu setelah haid), maka bercak tersebut bisa saja bercak implantasi. Apalagi jika Anda mengalami mual dan nyeri payudara yang terkadang juga dialami wanita yang sedang hamil.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda lakukan testpack untuk mengetahui apakah Anda benar-benar positif hamil atau tidak. Jika timbul dua garis, Anda bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk melakukan pemeriksaan USG kehamilan dan mendapatkan suplementasi yang dibutuhkan, jika ada. Tetapi, jika hanya satu garis atau negatif, bisa saja gejala yang Anda alami saat ini adalah tanda bahwa akan datang haid (pre menstrual syndrome). 

Apapun hasilnya, jangan lupa selalu konsumsi sayur, buah, dan makanan bergizi lainnya agar hormon kewanitaan tetap seimbang. Pastikan asupan air putih cukup. Hindari merokok ataupun menjadi perokok pasif, ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.