Telat haid, apakah istri saya hamil?

SY Info Penanya: SY, Wanita, 25 Tahun
Maaf dok mau tanya istri saya bulan ini sudah telat haid 1 minggu apa benar istri saya hamil?sedangkan kami berhubungan terkahir tgl 2 maret 2020 dan tgl 27 maret istri saya haid dan sekarang tiba2 telat haidMohon bantuannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SY, 

Terlambat haid apabila tidak ada riwayat hubungan seksual di siklus sebelumnya bisa tidak disebabkan oleh kehamilan. Terlambat haid sendiri memiliki banyak kemungkinan penyebab seperti:

  • Gangguan hormonal
  • Mengalami beban pikiran atau stres
  • Kurang tidur atau kurang istirahat
  • Adanya gangguan organ di saluran reproduksi
  • Masalah kesehatan lain seperti misalnya penyakit tiroid

Jadi perhatikan dulu dan perbaiki pola hidup istri Anda, dan bisa olahraga teratur untuk membantu melancarkan menstruasi. Jika merasa ragu, bisa lakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack. 

Upayakan cukup istirahat, kelola stres, lakukan relaksasi, dan bisa juga konsumsi bahan alami seperti jahe, kunyit, cuka apel, ataupun nanas untuk membantu melancarkan haid jika testpack negatif.

Apabila lebih dari 3 silklus menstruasi masih belum juga haid, maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan untuk memastikan penyebabnya apa dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Efek menopause umumnya akan memengaruhi suasana hati kaum hawa yang mengalaminya

Ternyata Ada Efek Menopause yang Berdampak Positif Bagi Perempuan

Memasuki usia menopause membawa peningkatan risiko terjadinya beberapa gangguan kesehatan. Tapi ternyata ada juga efek menopause yang membawa dampak positif bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari kaum hawa.