Telat haid 4 bulan apa sedang hamil?

4 Info Penanya: 4, Wanita, 19 Tahun
Dok, saya sudah telat haid selama 4bulan. Haid saya kadang lancar kadang tidak. Trs bulan Januari saya melakukan petting skrng perut saya agak buncit dari biasanya, tapi saya tidak bisa membedakan karena badan saya juga agak gendut. Perut saya suka kedutan dan suka nyeri di bagian bawah . Saya sudah tespeck 2x, yang pertama saya tes saat saya terlambat 3minggu, trs saya tes lagi seminggu kemudiannya hasilnya juga negatif. Apakah saya hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang J,

Terlambat haid adalah masalah yang sering dihadapi oleh wanita dan akan menimbulkan kecemasan akan adanya penyakit atau adanya kehamilan di luar nikah.

Petting yang Anda lakukan sejauh apa? Karena bila penis menempel langsung pada vagina maka tetap ada kemungkinan sperma masuk ke dalam vagina dan terjadi kehamilan, meski kemungkinan tersebut kecil.

Untuk mengurangi kecemasan Anda, Anda perlu melakukan tes pack. Tes pack dilakukan untuk deteksi awal sedang hamil atau tidak dan sebaiknya dilakukan setelah 7 hari terlambat haid. Bila hasilnya samar atau negatif, namun Anda mengalami ciri-ciri hamil muda, maka sebaiknya Anda melakukan tes pack yang kedua dengan jarak 1 minggu dari tes pack yang pertama.

Bila Anda sudah melakukan prosedur yang benar namun hasilnya memang negatif, maka Anda tidak hamil, dan terlambat haid disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan terlambat haid adalah:

  • Faktor stres. Adanya kecemasan takut hamil juga akan semakin mempengaruhi keseimbangan hormon, dan berakhir dengan siklus haid yang semakin tidak kunjung datang.
  • Kelelahan.
  • Perubahan berat badan, baik bertambah gemuk atau kurus.
  • Kurang olahraga.
  • PCOS.

Saran saya, Anda lakukan tes pack sekali lagi, bila hasilnya negatif, maka perbaiki pola hidup Anda dengan cara:

  1. Hindari gorengan dan makanan manis.
  2. Perbanyak olahraga agar berat badan dapat turun secara perlahan.
  3. Jangan bergadang.
  4. Banyak makan sayur dan buah.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda sudah tidak haid selama 4 bulan, agar bisa di USG dan dipastikan apa penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Inseminasi buatan bertujuan meningkatkan kemungkinan terjadinya pembuahan

Persiapan dan Prosedur Inseminasi Buatan yang Perlu Anda Ketahui

Inseminasi buatan bisa jadi pilihan alternatif bagi pasangan dengan masalah kesuburan tetapi ingin punya momongan. Prosedur ini dilakukan dengan menempatkan sperma langsung ke dalam rahim.