Telat haid tapi kenapa tes pack negatif?

MA Info Penanya: MA, Wanita, 22 Tahun
Dok saya sudah telat haid hampir sebulan, dan saya sudah melakukan testpack sebanyak 3x tpi semuanya negatif dan kmren saya ada mengalami keputihan bewarna coklat kira2 saya kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MA,

Tes pack adalah pemeriksaan sederhana yang sering dipakai untuk deteksi awal sedang hamil atau tidak, terutama bila sudah ada terlambat haid. Namun pemeriksaan ini sering menunjukkan hasil yang kurang akurat karena dilakukan terlalu awal.

Idealnya tes pack ini dilakukan bila sudah 7 hari terlambat haid. Bila hasilnya menunjukkan negatif atau samar, sedangkan ada tanda-tanda kehamilan seperti mual, muntah, badan sakit semua, lemas, tidak napsu makan, maka tes pack perlu diulang jarak 1 minggu kemudian dari tes pack yang pertama, bukan keesokan harinya berturut-turut.

Bila hasilnya memang negatif dan sudah mengikuti metode pemeriksaan yang benar, maka terlambat haid bisa disebabkan oleh faktor:

  • Stres atau banyak pikiran.
  • Kurang istirahat atau kualitas tidur tidak baik misal sering terbangun saat tidur.
  • Kurangnya asupan nutrisi.
  • PCOS.

Perihal keputihan berwarna kecokelatan yang muncul bisa disebabkan adanya infeksi saluran kemih atau infeksi menular seksual.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah:

  1. Perbanyak makan sayur dan protein.
  2. Hindari bergadang, tidur sekitar 8 jam setiap hari.
  3. Olahraga yang teratur.
  4. Jaga kebersihan kelamin, dan setelah membasuh kelamin harus dilap agar tidak lembap.
  5. Minum air putih yang banyak.

Bila Anda bingung dengan hasil tes packnya atau sampai 3 bulan tetap tidak haid, maka lakukan konsultasi dengan dokter kandungan agar bisa di USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum pil KB dan menjaga berat badan dapat membantu mempercepat menstruasi

7 Cara Agar Cepat Menstruasi yang Aman Dilakukan

Tidak dapat diprediksi kapan akan datang, cara aman untuk mempercepat menstruasi adalah dengan minum pil KB atau vitamin c, berolahraga, atau kompres air hangat.