Telat haid dan melakukan petting, apakah saya hamil?

4 Info Penanya: 4, Wanita
Dok umur saya 15 tahun, saya sudah telat haid selama 4bulan. Haid saya kadang lancar kadang tidak, itu kenapa ya dok? Trs saya melakukan petting skrng perut saya agak buncit dari biasanya, tapi saya tidak bisa membedakan karena badan saya juga agak gendut. Perut saya suka kedutan. Saya sudah tespeck 2x tapi hasilnya negatif, wktu itu saya tes saat saya terlambat 3minggu, trs saya tes lagi seminggu kemudiannya. Apakah saya hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, JD

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari. Cara menghitung siklus menstruasi dimulai dari hari pertama menstruasi samai hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Pada wanita, rata-rata mempunyai siklus 28 hari.

Amenorea merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak mendapatkan menstruasi selama 90 hari / 3 bulan secara berturut-turut. Penyebab utama dari amenorea ini kehamilan, namun bisa juga disebabkan oleh masalah lain. Secara umum amenorea dibedankan menjadi 2, yaitu amenorea primer dan amenorea skunder.

Adapun beperapa penyebab siklus menstruasi tidak teratur adalah:

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika sperma dilakukan di luar organ reproduksi wanita kemungkinan terjadi kehamilan sangatlah kecil. Sedangkan untuk tanda pasti dari kehamilan adalah hasil tes kehamilan, pemeriksaan USG kehamilan dan juga beberapa hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. 

Tindakan yang bisa Anda lakukan adlah dengan menghindrari aktivitas fisik yang berlebih, hindari stres, istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah-buahan, dan lakukan olahraga agar badan tetap bugar.

Jika Anda ragu-ragu dengan hasil tes kehamilan, atau menstruasi masih tidak kunjung datang segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.