Telat Haid, dan riwayat konsumsi obat, apakah berbahaya jika hamil ?

KS Info Penanya: KS, Wanita, 23 Tahun
Pagi dok,saya mau nanya, maret kmrin saya mens tgl 24 - 6 april, sekitar 2 minggu, di tgl 7 saya berhubungan bdan dgn suami sy, setau sya tidak keluar didalam, beberapa jam kmudian muncul flag. di tgl 13 sy melakukan hubungan lagi dgn suami sy juga tidak keluar didalam. pada tanggal 29 saya prnah knsumsi obat haid yg sy beli d apotek *em kapsul*, sy pikir saya cuma telat biasa,apa mungkin saya hamil ? misalnya iya,apakah obat yg saya konsumsi membahayakan kehamilan sy ?terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, KS.

Telat haid adalah tanda kehamilan yang tidak mutlak karena banyak faktor lain yang juga dapat mempengaruhi siklus haid. Faktor-faktor tersebut mengakibatkan ketidakseimbangan hormon pengatur siklus haid sehingga terjadilah gangguan pada haid yang berupa keterlambatan, volume yang terlalu banyak atau sangat sedikit, hingga haid menjadi lebih sering.

Beberapa faktor yang dapat mengakibatkan gangguan siklus haid tersebut diantaranya adalah :

  • tubuh yang terlalu kurus atau kegemukan
  • konsumsi obat tertentu seperti pil KB
  • pola makan yang tidak sehat dan gangguan pola makan 
  • kelelahan
  • stres
  • olah raga berlebih atau sedang menjalani program latihan atlet
  • kondisi medis tertentu berupa kehamilan dan yang lainnya
  • penyakit tertentu seperti sindroma polikistik ovarium dan gangguan hormon tiroid

Mengenai keluhan yang Anda alami, untuk memastikannya sebaiknya Anda melakukan test pack berulang yang berselang satu minggu agar lebih akurat. Untuk obat yang sempat Anda konsumsi karena kandungannya herbal, belum cukup riset yang dapat membuktikan efek sampingnya bagi janin pada kehamilan. Untuk saat ini sebaiknya obat tersebut dihentikan sambil menunggu hasil pemeriksaan test pack.

Jika haid tidak kunjung datang dan kedua hasil test pack negatif, anda dapat memeriksakan diri secara langsung ke dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menggunakan test pack, yaitu dengan mencelupkannya ke dalam air seni pagi hari. Sementara cara membaca hasil test pack dilakukan dengan membedakan dua hasil yang dapat keluar.

Panduan Lengkap Tes Kehamilan: Cara Kerja, Jenis, dan Hasilnya

Tes kehamilan merupakan solusi terbaik untuk memastikan kehamilan. Ada Jenis tes kehamilan yang dapat diambil, yaitu tes darah dan tes urine. Tes urine merupakan tes yang umumnya diambil dan dilakukan dengan test pack. Cara membaca hasil test pack dapat dilakukan dengan membedakan dua hasilnya.