Mengeluarkan sperma di luar, apakah bisa hamil?

NR Info Penanya: NR, Wanita, 20 Tahun
Doktek, saya dapat haid tanggal 22 april 2020 tapi bulan maret sampe sekarang saya beluman dpat haid.Tapi saya melakukan intim tapi dikeluarin di luar , apaa saya bisa hamil atau ada masalah dr tubuh saya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NR.

Kehamilan adalah sebuah kondisi ketika seorang wanita mengandung janin selama kurang lebih 40 minggu. Janin terbantuk dari penyatuan sel sperma pria dan sel telur wanita ketika sedang berhubungan seks, yang akan berkembang minggu demi minggu, sampai tiba saatnya siap dilahirkan ke dunia.

Salah satu ciri kehamilan adalah terlambat haid. Selain itu, ketika melakukan testpack, akan tampak dua garis yang menandakan terbentuknya hormon hCG di dalam tubuh. Ada juga tanda-tanda lain yang dialami oleh beberapa wanita, seperti mual, muntah, menginginkan makanan tertentu (ngidam), perubahan emosi, dan lain-lain.

Terkait pertanyaan Anda, apabila Anda sudah mengalami terlambat haid, Anda dapat melakukan testpack atau pemeriksaan USG di dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memastikan kehamilan. Berhubungan seksual dengan ejakulasi di luar dapat menyebabkan kehamilan, walaupun kemungkinannya kecil. Hal ini disebabkan karena cairan pre-ejakulasi yang dikeluarkan pria juga mengandung sperma.

Jika Anda hamil, selalu konsumsilah makanan bergizi yang kaya vitamin dan mineral, ya. Selain itu, minum air putih yang cukup, tidak begadang, dan hindari stres. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NR
03 May 2020, 17:11
Tapii saya tespek tgl 1 mei 2020 hasil negatif dok, tapi saat ini saya beluman haid juga trs pinggung bawah saya sakit,pala saya pusing, dan kram perut saya dan mual juga dok, kenapa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
03 May 2020, 20:10
Hi, NR.
Terkait dengan kondisi Anda saat ini bisa jadi merupakan gejala PMS (pramenstruasl syndrome). PMS biasanya muncul sebelum mens atau saat awal mens. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkonsumsi obat ibuprofen untuk meredakan nyeri, pusing. Lalu, perbanyak istirahat dan konsumsi air hangat.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan pernah menyelewengkan pengunaan obat "tidur", selain bisa dijerat pasal hukum, akibatnya bisa fatal.

Perbedaan Obat Perangsang Wanita dan Obat "Tidur"

Ada perbedaan besar antara obat perangsang wanita dan juga obat “tidur”. Seringkali, obat “tidur” ini disalahgunakan untuk hal yang tak baik. Seperti apa efek dan gejalanya?