Kenapa terlambat haid?

I Info Penanya: I, Wanita, 23 Tahun
Malam dok, sy mau tanya, pertengahan maret sy brhubungan sama suami sy, kmi ldr,an krna pekerjaan jadi 1bln sekali kmi berhubungan dan(keluar di luar)lalu tgl 23 maret sy menstruasi, bulan april tgl 23 sy blum menstruasi lg dok sampe skarang tgl 1mei, itu kenapa ya dok? Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang I,

Siklus menstruasi seorang wanita akan berlangsung setiap 21-35 hari sekali, dengan rata-rata 28 hari sekali. Banyak faktor yang dapat menimbulkan terlambat haid. Sehingga terlambat haid belum tentu disebabkan oleh kehamilan.

Beberapa penyebab terlambat haid:

  • Stres.
  • Kelelahan.
  • Perubahan berat badan misal menjadi semakin kurus.
  • PCOS, di mana kadar hormon androgen berlebihan.

Bila setelah melakukan hubungan seksual beberapa hari kemudian Anda haid, dan setelah haid Anda tidak berhubungan seksual kembali, maka Anda tidak mungkin hamil. Sehingga terlambat haid pasti disebabkan oleh faktor-faktor lain di atas.

Sementara yang dapat Anda lakukan agar haid lancar adalah:

  1. Usahakan agar jangan banyak pikiran.
  2. Minum air putih yang banyak.
  3. Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan makan sayur, buah dan protein secara bervariasi.
  4. Olahraga yang teratur.
  5. Jangan bergadang.

Bila dalam 3 bulan tetap tidak haid, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan organ reproduksi Anda melalui USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SW
03 May 2020, 04:51
Selamat Malam I.Kondisi terlambat haid dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah kehamilan, kondisi stres, kelelahan bekerja, hormon tidak stabil, atau penyakit kandungan (PCOS, Endometriosis, Mioma uteri). Untuk memastikan kondisi yang Anda alami sebaiknya coba lakukan pemeriksaan dengan test pack terlebih dahulu, jika hasilnya negatif segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis kandungan ya agar dilakukan USG.Salam Sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Porsi makan untuk ibu hamil perlu diperhatikan untuk menjaga kelancaran proses kehamilan

Jangan Sembarangan, Ini Panduan Porsi Makan Saat Hamil

Saat hamil, bukan berarti Anda harus makan 2 kali lipat lebih banyak dari seharusnya. Kenali porsi makan untuk ibu hamil yang tepat berikut ini.