Kenapa tes pack negatif?

DR Info Penanya: DR, Pria, 20 Tahun
Slmat sore dok. Sya mau brtnya, awal bulan april saya berhubuungan intim(keluarnya di luar), smestinya tgl 21april ini sy sudah mens, tpi smpai sekarng 1 mei sya belum mens, sya sudah test memakai (test pack) tgl 22 april dan hasil nya strip satu (negatif). Apa sebenarnya yang terjadi dok ? Mohon jwabannyaTerima Kasih 🙏🏻
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DR,

Tes pack adalah salah satu metode pemeriksaan sederhana untuk menentukan sedang hamil atau tidak menggunakan urin pagi yang pertama kali keluar saat bangun tidur.

Cara kerja tes pack ini dengan cara mendeteksi hormon HCG (hormon kehamilan) yang ada di dalam urin. Namun pemeriksaan ini hasilnya kurang akurat bila pemeriksaan dilakukan terlalu dini, karena kadar hormon kehamilan belum cukup banyak di urin sehingga akan menimbulkan kesan negatif.

Idealnya tes pack dilakukan 7 hari setelah terlambat haid. Bila hasilnya samar atau negatif namun ada ciri-ciri kehamilan seperti mual, muntah, pusing, lemas, badan sakit semua, dll maka tes pack ulang diperlukan dengan jarak 1 minggu dari pemeriksaan yang pertama. Hal ini dilakukan untuk konfirmasi hasilnya.

Bila nantinya tes pack Anda tetap negatif, maka memang tidak hamil, dan terlambat haid bisa karena faktor:

  1. Stres.
  2. Kelelahan.
  3. Perubahan berat badan.
  4. Adanya PCOS.

Terapkan pola hidup sehat dengan cara banyak makan sayur dan buah, minum air putih yang banyak, dan jangan lupa olahraga serta cukup tidur agar siklus haid Anda kembali lancar.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila dalam waktu 3 bulan tetap tidak haid dan tidak sedang hamil.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DR
02 May 2020, 18:35
PCOS. Itu ap dok ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
03 May 2020, 08:36
Selamat pagi DR,
Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) merupakan gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur. Penderita PCOS biasanya mengalami gangguan menstruasi dan memiliki kadar hormon maskulin (hormon androgen) yang berlebihan.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.