Terlambat haid apakah saya hamil?

MJ Info Penanya: MJ
Dokter saya ingin tanya, saya baru menikah setelah saya berhubungan badan untuk pertama kalinya, suami saya ejakulasi hanya di luar tidak didalam, kemarin saya haid tgl 25 maret, dan menikah tgl 9 april. Lalu sampai sekarang saya tidak haid lagi, padahal kan hanya ejakulasi diluar vagina saja, dan saya akhir ini sering mual, apakah saya hamil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MJ.

 

Terlambat haid sering sekali dikaitkan dengan terjadinya kehamilan padahal ada banyak faktor yang menyebabkan seorang wanita mengalami keterlambatan haid.

Ciri-ciri kehamilan adalah:

  • Terlambat haid.
  • Mual muntah terutama di pagi hari.
  • Mudah lelah.
  • Perubahan mood menjadi lebih sensitif atau menjadi mudah marah.
  • Kram perut.

Berikut ini merupakan faktor yang mempengaruhi kondisi terlambat haid selain terjadinya kehamilan:

  • Kondisi stres dan terlalu lelah.
  • Hormon tidak stabil.
  • Perubahan berat badan yang mendadak.
  • Penyakit pada kandungan misalnya endometriosis, mioma uteri dan PCOS.

Demikian hal yang dapat Anda lakukan agar haid Anda lancar kembali:

  1. Hindari kondisi stres.
  2. Tidur yang cukup.
  3. Makan sehat dengan mengonsumsi sayur, buah dan protein.
  4. Olahraga rutin.

Terkait dengan keluhan yang Anda alami sebaiknya Anda lakukan test pack terlebih dahulu setidaknya 1 minggu sejak keterlambatan haid, jika hasil negatif Anda dapat mengulangi kembali 1 minggu kemudian dan konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis kandungan.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam Sehat, 

 

dr. Sri Wulantini

 

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh TC
02 May 2020, 05:17
Dok saya wanita usia 22 tahun, belum menikah. Bulan maret lalu saya haid tanggal 22, kemuadian bulan april saya tidak haid. Sebelumnya siklus haid saya normal dok, antara 30-33 hari. Dan awal bulan april lalu saya mencoba olahraga di rumah, dan sebelumnya saya tidak pernah berolahraga. Apakah olahraga bisa mempengaruhi siklus haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
04 May 2020, 20:52
Selamat malam, TC.
Iya benar sekali kurang olahraga dapat membuat tubuh tidak relaks sehingga hormon kewanitaan juga tidak stabil, ini salah satu penyebab dari kondisi tidak haid Anda, selain itu bisa juga karena stres, atau penyakit kandungan (endometriosis, mioma dan PCOS) sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan ya. Salam sehat.
Dibalas oleh SW
03 May 2020, 05:17
Selamat malam, TC.Iya benar sekali kurang olahraga dapat membuat tubuh tidak relaks sehingga hormon kewanitaan juga tidak stabil, ini salah satu penyebab dari kondisi tidak haid Anda, selain itu bisa juga karena stres, atau penyakit kandungan (endometriosis, mioma dan PCOS) sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan ya. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Normalnya, keputihan biasanya berwarna bening atau putih susu, encer, dan tidak berbau tajam. Namun jika keputihan berwarna kuning, hijau, atau abu-abu, berbau busuk, disertai rasa gatal dan bercak kemerahan, ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi