Telat haid 4 hari, apakah hamil?

VD Info Penanya: VD
Dok, saya mau tanya, saya telat 4 hari, tpi masih balem keluar tanda flek darah, apakah itu termasuk saya hamil atau tidak, sementara saya masih belum test pack, nunggu 2 munggu dulu, pas masih gadis biasanya tgl 19 itu pertama haid saya, setelah menikah jatuh pada tgl 25, sekarang tgl 29 dok, apakah saya telat hamil atau gimana dok,.Terimakasij sebelumnya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, VD

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan adalah kondisi yang dinantikan hampir setiap pasangan. Kehamilan dapat ditandai dengan terlambatnya menstruasi yang diikuti dengan hasil positif dari tes kehamilan dan juga pemeriksaan USG kandungan.

Siklus menstruasi wanita normal terjadi pada 21-35 hari, rata-rata orang mempunyai siklus 28 hari. Untuk menghitung siklus menstruasi dimulai dari hari pertama mesntruasi sampai dengan hari perta amesntruasi pada bulan berikutnya. 

Adapun beberapa hal yang menyebabkan terlambatnya menstruasi adalah:

  • Kehamilan
  • Masalah hormonal
  • Masalah pada organ reproduksi wanita
  • Stres
  • Kelelahan
  • PCOS
  • Penggunaan KB 

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, jika memang Anda terlambat menstruasi Anda bisa melakukan test kehamilan, jika hasilnya masih negatif ANda bisa mencoba kembali selang 1-2 minggu kemudian. Bila ditemukan hasil positif atau ANda ragu-ragu, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjangs eperti USG kehamilan.

Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian, hindari stres dan kelelahan, istirahat cukup, dan lakukan olah raga ringan agar badan tetap bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Preeklampsia atau keracunan kehamilan ditandai dengan peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba

Preeklampsia, Komplikasi Serius yang Terjadi pada Proses Kehamilan

Preeklampsia atau keracunan kehamilan adalah masalah serius pada kehamilan. Penyebab risiko keracunan kehamilan yaitu usia di atas 35 tahun, kehamilan pertama, dan riwayat gangguan ginjal. Gejala preeklampsia adalah pembengkakan abnormal di tangan dan wajah.