Telat haid biasa atau hamil apa bedanya?

RA Info Penanya: RA, Wanita, 21 Tahun
Dok, saya kan terakhir berhubungan intim sekitar 1 bulan yg lalu dan keluar di dalam. Sekarang saya telat haid, bulan kemarin saya haid tanggal 8 skrg sudah tanggal 28 apakah saya hamil? Tapi saya tidak merasakan gejala apapun dok, dan siklus menstruasi saya memang tidak teratur. Bagaimana membedakannya telat haid biasa dan telat haid karena hamil dok? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RA,

Terlambat haid seringkali dianggap sebagai kehamilan. Memang benar ciri utama kehamilan adalah tidak haid, namun bukan berarti tidak haid pasti karena hamil.

Antara terlambat haid biasa atau tidak haid karena hamil sulit dibedakan terutama bila siklus haid Anda tidak teratur. Cara yang paling mudah untuk membedakannya tentu menggunakan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid.

Untuk kehamilan sendiri seringkali disertai dengan gejala mual muntah di pagi hari, badan lemas, sakit semua, pusing. Namun tidak adanya gejala-gejala tersebut bukan berarti pasti tidak hamil. Karena gejala-gejala hamil muda tersebut tidak selalu dialami oleh semua wanita yang sedang hamil.

Jadi yang penting Anda harus tes pack. Bila hasilnya negatif maka Anda bisa mengulangi 7 hari kemudian. Bila hasilnya tetap negatif, maka Anda memang tidak sedang hamil.

Bila tidak hamil, berikut ini beberapa tips agar siklus haid Anda kembali normal:

  • Perbanyak asupan sayur dan buah, termasuk protein.
  • Minum air yang banyak agar tubuh tidak dehidrasi.
  • Olahraga yang rutin bisa 30 menit setiap hari.
  • Cukup tidur rata-rata 8 jam setiap harinya.
  • Jangan stres.

Bila tidak kunjung haid dalam waktu 3 bulan, maka Anda harus periksa ke dokter kandungan untuk memastikan apa penyebab Anda tidak haid.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!