Telat Haid dari siklus normal 28 hari, apa penyebabnya?

D Info Penanya: D, Wanita, 1 Tahun
Dok. Saya berusia 20th Saya sudah telat datang bulan dengan siklus 28 hari. Sampai sekarang saya juga belum datang bulan. Padahal kerja saya tidak terlalu menguras energi hanya saja saya sering tidur diatas jam 12.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D,

Siklus haid normal adalah 21 hari - 35 hari sekali dimana jika diamati dari kalender apabila memiliki siklus 28 hari maka akan maju setiap bulannya antara 2-3 hari dari tanggal di bulan sebelumnya. 

Menstruasi tidak lancar yang perlu diwaspadai

Apabila mengalami terlambat menstruasi bisa merupakan salah satu bentuk menstruasi yang tidak lancar. Terlambat menstruasi sendiri bisa karena beragam penyebab seperti:

  • Kehamilan apabila ada riwayat hubungan seksual di siklus sebelumnya tanpa menggunakan kontrasepsi
  • Efek samping kontrasepsi terutama kontrasepsi hormonal
  • Gangguan hormonal
  • Kelelahan
  • Mengalami beban pikiran seperti stres
  • Masalah kesehatan seperti masalah tiroid
  • Gangguan organ reproduksi misalnya memiliki sindrom ovari polikistik atau PCOS

Untuk itu apabila mengalami gangguan pola tidur, ada baiknya memperbaiki keseharian seperti cukup istirahat, cukup tidur, makan teratur, kelola stres, olahraga rutin dan juga bisa mengonsumsi beberapa bahan alami untuk membantu melancarkan haid seperti minuman dari kunyit, kayu manis, nanas, jahe ataupun cuka apel.

Jika sering kali terlambat atau terlambat menstruasi lebih dari 3 bulan, ada baiknya memeriksakan kondisi tersebut pada dokter spesialis kandungan. Nantinya akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan lab darah, pemeriksaan hormonal dan juga USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga tergolong sebagai salah satu cara melancarkan haid secara alami

Secara Alami atau Obat, Ini Cara Melancarkan Haid yang Aman

Ketika menstruasi Anda tersendat, Anda bisa memilih beragam cara melancarkan haid secara alami. Mulai dari olahraga hingga yoga. Anda juga bisa mengonsumsi obat memperlancar haid yang diresepkan oleh dokter bila diperlukan.