Telat haid sebelumnya lancar, apa penyebabnya?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 1 Tahun
Dok istri saya telat haid. Sebelum lancar-lancar saja. Sebelumnya istri saya minum pil kb andalan hanya satu biji langsung yang tablet yang berwarna kuning padahal harus di minum setelah haid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang CC,

Terlambat haid adalah kondisi yang sering diduga karena kehamilan, tapi ada beragam penyebab lain yang bisa memicu siklus menstruasi terganggu ataupun siklus menstruasi menjadi lebih lambat dibanding biasanya.

Penyebab terlambat haid

Beberapa penyebab terlambat haid diantaranya adalah:

  • Gangguan hormonal tubuh
  • Adanya perubahan berat badan yang cepat dan drastis
  • Adanya masalah psikis seperti stres
  • Aktivitas fisik berat atau kelelahan
  • Kurang istirahat ataupun kurang gerak
  • Efek samping kontrasepsi
  • Gangguan kesehatan lain

Apabila hanya mengonsumsi 1 pil kb, tidak bisa menimbulkan efek apa-apa. Baik efek kontrasepsi ataupun efek samping dari pil tersebut. Jadi jika memang ingin menunda kehamilan perlu dikonsumsi secara rutin apabila nantinya tidak hamil.

Jika ada hubungan seksual selama periode siklus sebelumnya dan tidak menggunakan pengaman atau kontrasepsi lain, maka ada baiknya memeriksakan apakah hamil atau tidak dengan alat tes kehamilan. Jika ternyata negatif bisa diperhatikan dalam 2 minggu kedepan dan lakukan pemeriksaan ulang.

Apabila tetap tidak hamil sampai 3 bulan berturut-turut, maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan untuk memastikannya dan diberikan penanganan sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga tergolong sebagai salah satu cara melancarkan haid secara alami

Secara Alami atau Obat, Ini Cara Melancarkan Haid yang Aman

Ketika menstruasi Anda tersendat, Anda bisa memilih beragam cara melancarkan haid secara alami. Mulai dari olahraga hingga yoga. Anda juga bisa mengonsumsi obat memperlancar haid yang diresepkan oleh dokter bila diperlukan.