Saya masih 17 th tapi kenapa bisa terlambat haid?

AR Info Penanya: AR, Wanita, 1 Tahun
Hallo dok. Umur saya 17 thn, saya telat haid selama 1 minggu dan saya belum pernah sekali berhubungan intim ,terakhir haid tgl 13 maret 2020 dan belum haid sampai sekarang itu knpa ya? Apakah wajar pada usia remaja?dan saya merasakan kram/nyeri perut dibagian bawah. Bantu jawab ya dok ..terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menstruasi merupakan hal yang wajar dialami oleh seorang wanita. Siklus menstruasi normal pada wanita biasanya setiap 21-35 hari sekali. Durasi perdarahan haidnya rata-rata berlangsung dari 2 sampai 8 hari. 

Terlambat atau telat haid sebenarnya masih merupakan kondisi normal. Siklus haid tidak selalu datang tepat waktu setiap bulannya. Kadang haid bisa lebih awal atau telat dari biasanya.

Beberapa penyebab terlambatnya datang bulan :

Saran saya hindari aktivitas fisik dengan intensitas berat, istirahat yang cukup minimal 8 jam sehari, konsumsi makanan bernutrisi tinggi perbanyak sayur dan buah, lakukan rileksasi dengan cara meditasi atau melakukan berbagai hal-hal yang Anda sukai, menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga teratur.

Jika Anda tidak kunjung haid hingga 1 bulan sebaiknya Anda konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!