Terlambat haid dan ada benjolan di perut bawah

AN* Info Penanya: AN*
Salam dok..saya berumur 15 thn..saya mau tanya, saya skrg itu telat haid hampir seminggu & sebelumnya saya blm pernah telat haid sampai seminggu..Satu lagi..kok ada benjolan kecil di bagian bawah perut (antara perut (pinggang) & v ) gmn ya ini dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, LNJB.

Terlambat haid adalah keluhan yang dapat dialami perempuan pada semua usia. Dengan berbagai faktor penyebabnya, keterlambatan haid seringkali dikeluhkan berkaitan dengan faktor dari dalam diri maupun dari lingkungan luar.

Berikut faktor-faktor yang dapat menyebabkan keterlambatan haid, diantaranya adalah :

  • berat badan yang tidak normal, kegemukan atau terlalu kurus
  • kondisi medis atau penyakit tertentu seperti PCOS
  • kelelahan
  • kondisi emosi yang sedang labil
  • sedang menjalani latihan tertentu (atlet)
  • mengalami gangguan poal makan (bulimia, anorexia)
  • kehamilan

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, keterlambatan haid dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang berkaitan dengan faktor-faktor yang telah dipaparkan diatas. Sedangkan benjolan kecil pada perut bagian bawah dapat berupa benjolan lemak, benjolan jarigan lunak, abses, atau bahkan tumor yang berasal dari organ dalam perut atau alat reproduksi seperti rahim. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab dari kedua keluhan yang Anda alami serta ada hubungan atau tidaknya.

Untuk sementara Anda dapat menggunakan cara alami terlabih dahulu dalam mengatasi keterlambatan haid Anda yang tertera pada artikel berikut ini. Akan tetapi jika keluhan tidak kunjung membaik, bahkan hingga satu bulan lamanya, komunikasikanlah keluhan pada orang tua Anda agar dapat diperiksakan secara langsung kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.