Telat haid apa penyebabnya ?

RA Info Penanya: RA
Dok , saya mau tanya , umur saya 21 tahun , bulan februari tanggal 24/2020 saya haid , nah bulan maret saya gada haid , smpe masuk bulan april ini , apakah saya hamil , saya jujur dok. Bulan maret itu saya ada berhubungan intim 2kali tpi slalu buang diluar , tlong dok penjelasan ny trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RA.

Keterlambatan haid merupakan salah satu tanda awal kehamilan yang biasanya paling pertama di sadari oleh wanita yang telah aktif secara seksual. Kendati demikan, keterlambatan haid bukanlah tanda multak kehamilan, karena dapat pula disebbakan oleh berbagai faktor lainnya.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan keterlambatan haid diantaranya adalah :

  • faktor genetik
  • stres
  • kelelahan
  • terlampau gemuk atau terlampau kurus
  • penyakit tertentu seperti PCOS dan gangguan pada kelenjar tiroid
  • penggunaan obat-obatan hormonal
  • pola makan tertentu
  • sedang dalam program latihan tertentu

Terkait dengan keluhan Anda, untuk memastikannya Anda dapat melakukan test pack yang diulang berselang satu minggu kedepan agar lebih akurat karena hormon kehamilan dapat masih rendah kadarnya pada pemeriksaan yang terlalu dini. Jika keduanya negatif maka mungkin penyebab dari keterlambatan haid pada Anda adalah salah satu faktor di atas.

Berikut saya lampirkan artikel cara penggunaan test pack yang tepat agar mendapatkan hasil yang akurat.

Untuk memastikan Anda juga dapat memeriksakan diri secara langsun kepada dokter Spesialis Kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG.

Jika memang Anda belum siap untuk terjadinya kehamilan, sebaiknya aktivitas seks tersebut dapat dihindari terlebih dahulu atau Anda dan pasangan dapat menggunakan alat kontrasepsi bagi pasangan suami istri yang sedang menunda program kehamilan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala endometriosis adalah dismenore alias rasa nyeri ketika menstruasi

Nyeri Haid Luar Biasa, Bisa Jadi Gejala Endometriosis

Gejala endometriosis biasanya terlihat ketika seseorang merasakan nyeri haid luar biasa. Segera periksakan diri ke dokter karena endometriosis dapat mengganggu kesuburan.