Kenapa telat haid selama 4 bulan?

N Info Penanya: N, Wanita, 19 Tahun
Hallo dok, saya telat haid kurang lebih 4 bulan, dan perut bagian bawah diatas kemaluan sering keras dan sy jg keluar keputihan. Itu knp ya dok? Mohon penjelasannya.Makasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Terlambat datang bulan atau haid sering di kaitkan dengan kehamilan, namun faktanya terlambat datang bulan bisa di sebabkan beberapa penyebab seperti, stress, kelebihan berat badan, penurunan berat badan secara drastis, gangguan tiroid, sindrom polikistik ovarium (PCOS), gangguan keseimbangan hormon, kista ovarium, amenorrhea.

Keputihan yang berubah warna menjadi kekuningan atau hijau dan berbau tidak sedap seperti bau amis bisa menjadi salah satu tanda keputihan tidak normal. Keputihan yang tidak normal biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau infeksi jamur. Keputihan yang tidak normal harus di cari tau penyebab pasti dari keputihan seperti di cek lab, agar dapat diobati penyebabnya dengan tepat.

Jangan lupa untuk selalu biasakan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi, cukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter / hari, istirahat cukup, olahraga teratur, kelola stress dengan baik, selalu menjaga kebersihan organ intim Anda.

Terkait Anda sudah terlambat haid selama 4 bulan sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lanjut ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi Anda dengan pemeriksaan USG.

Smeoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Darah haid sedikit bisa saja terjadi akibat stres yang mendera

Darah Haid Sedikit, Apa Penyebabnya?

Umumnya, siklus menstruasi yang dialami oleh kaum hawa tidak jauh berbeda setiap bulan. Namun ada pula kondisi-kondisi tertentu yang dapat membuat darah haid sedikit atau tidak sebanyak biasanya.