Telat haid setelah melahirkan apa normal?

NS Info Penanya: NS, Wanita
Assalammualaikum dokSaya mau tanya setelah pasca melahirkan sesudah nifas selama 2bln saya datang bulan namun pada bulan ke2 saya telat dan blm datang bulan lagi Apakah itu normal dan apakah itu tanda hamil Saya blm menggunakan kb Tetapi sperma suami saya tidak dimasukan kedalam apakah itu bisa menyebabkan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam NS,

Siklus haid paska melahirkan seringkali menimbulkan kebingungan terutama bila siklus haidnya menjadi mundur atau terlambat haid.

Pada ibu yang menyusui, proses menyusui akan merangsang hormon prolaktin dimana secara alamiah bisa digunakan sebagai kontrasepsi alami karena menghambat proses ovulasi, namun sebaiknya tetap menggunakan kondom.

Perihal terlambat haid yang Anda alami bisa disebabkan oleh :

  • Kehamilan. Selama penis penetrasi ke vagina maka cairan praejakulasi sudah mengandung sperma, sehingga ada kemungkinan untuk tetap hamil, meski sperma dikeluarkan diluar.
  • Faktor kelelahan karena mengurus bayi atau pekerjaan rumah tangga dan kurangnya tidur malam.
  • Stres.
  • Perubahan berat badan akibat diet ketat dan kurang nutrisi.

Sebaiknya Anda melakukan tes pack 1 minggu setelah terlambat haid untuk memastikan sedang hamil atau tidak. Dan sebaiknya menghindari berhubungan seksual di masa subur Anda dan suami menggunakan kondom bila Anda tidak memakai KB.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda tidak haid dalam waktu 3 bulan berurutan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pada pertengahan kehamilan, bayi akan tidur dan bangun secara teratur

Tahap-tahap Perkembangan Janin Trimester Kedua

Berbagai organ, sistem saraf, dan otot bayi mulai berkembang pada trimester kedua. Pantau dan ketahui perkembangan janin trimester kedua melalui panduan ini!