Telat haid namun muncul flek setelah berhubungan intim

MA Info Penanya: MA, Wanita, 29 Tahun
malam dok...dok saya sudah 2 hari telat haid..hari ke tiga malamnya saya intim sma suami...siang harinya saya flek kaya menstruasi dok..tp sedikit disertai nyeri perut kanan bawah...nyeri punggung kdg terasa ke pinggang kanan dan puting terasa sensitif.knpa y dok.mksih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MA,

Siklus haid seorang wanita normalnya berlangsung dalam 28 hari, namun siklus dengan rentang 21-45 hari masih tergolong dalam kategori normal. Pada kasus Anda ada beberapa kemungkinan kenapa muncul flek setelah berhubungan intim yakni :

  1. Menstruasi. Menstruasi yang tidak teratur atau datang terlambat bisa disebabkan oleh faktor stres, kelelahan, PCOS, adanya endometriosis yang sering disertai dengan keluhan nyeri perut bagian bawah, nyeri setelah berhubungan seksual sampai nyeri pinggang.
  2. Tanda kehamilan. Pada awal kehamilan bisa muncul flek yang menandakan proses implantasi janin yang sering disebut dengan pendarahan implantasi
  3. Kehamilan ektopik. Dimana seorang wanita hamil namun embrio berada diluar kandungan.
  4. Adanya infeksi saluran kencing.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kehamilan sederhana seperti testpack, atau bila keluhan dirasakan semakin memberat, segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Sementara untuk mengurangi nyeri dapat dilakukan :
  1. Perbanyak konsumsi air putih untuk menghindari infeksi saluran kencing.
  2. Kompres bagian yang nyeri menggunakan air hangat.
  3. Minum paracetamol untuk membantu meredakan nyeri.
  4. Basuh area kelamin dengan arah dari depan ke belakang.
  5. Rutin mengganti pembalut setiap 3 jam.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih kambuh lagi

Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit pada saluran perkemihan yang dapat menyerang kandung kemih, ginjal, dan saluran penghubungnya. Konsumsi obat antibiotik, perawatan di rumah sakit, banyak minum air putih, dan hindari kebiasaan menunda buang air kecil merupakan cara mengobati sekaligus mencegah agar infeksi saluran kemih tidak berujung pada komplikasi.