Telat haid namun muncul flek setelah berhubungan intim

MA Info Penanya: MA, Wanita, 29 Tahun
malam dok...dok saya sudah 2 hari telat haid..hari ke tiga malamnya saya intim sma suami...siang harinya saya flek kaya menstruasi dok..tp sedikit disertai nyeri perut kanan bawah...nyeri punggung kdg terasa ke pinggang kanan dan puting terasa sensitif.knpa y dok.mksih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MA,

Siklus haid seorang wanita normalnya berlangsung dalam 28 hari, namun siklus dengan rentang 21-45 hari masih tergolong dalam kategori normal. Pada kasus Anda ada beberapa kemungkinan kenapa muncul flek setelah berhubungan intim yakni :

  1. Menstruasi. Menstruasi yang tidak teratur atau datang terlambat bisa disebabkan oleh faktor stres, kelelahan, PCOS, adanya endometriosis yang sering disertai dengan keluhan nyeri perut bagian bawah, nyeri setelah berhubungan seksual sampai nyeri pinggang.
  2. Tanda kehamilan. Pada awal kehamilan bisa muncul flek yang menandakan proses implantasi janin yang sering disebut dengan pendarahan implantasi
  3. Kehamilan ektopik. Dimana seorang wanita hamil namun embrio berada diluar kandungan.
  4. Adanya infeksi saluran kencing.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kehamilan sederhana seperti testpack, atau bila keluhan dirasakan semakin memberat, segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Sementara untuk mengurangi nyeri dapat dilakukan :
  1. Perbanyak konsumsi air putih untuk menghindari infeksi saluran kencing.
  2. Kompres bagian yang nyeri menggunakan air hangat.
  3. Minum paracetamol untuk membantu meredakan nyeri.
  4. Basuh area kelamin dengan arah dari depan ke belakang.
  5. Rutin mengganti pembalut setiap 3 jam.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masa subur wanita dipengaruhi dengan siklus haid wanita agar dapat hamil

Mungkinkan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Mencatat siklus menstruasi sangat penting, jika Anda merencanakan kehamilan atau malah menghindarinya. Lewat siklus haid, kita dapat menentukan hari-hari yang paling subur dan kemungkinan untuk hamil lebih besar. Mitos menyebutkan bahwa seorang wanita tidak dapat hamil ketika dia sedang haid.