Telat haid saat menyusui, apa penyebabnya?

AW Info Penanya: AW, Wanita, 26 Tahun
Hallo dok Saya termasuk Ibu baru dokSekarang anak saya usia 9bulanSelama ini haid saya lancar setiap bulan pasti haidTapi kok bulan ini saya tidak haid ya dokBulan kemarin saya masih haidApakah saya hamil atau faktor lainnya?Karena saya memang belum KB dan menyusui anak saya selama ini dibantu susu formula juga. Tidak full ASI (ASI+sufor)Jujur saya takut hamil lagi dokKarna lahiran anak pertama kemarin CesarAdakah cara dan solusinya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AW.

Menyusui bayi pascapersalinan seringkali disebut sebagai salah satu jenis kontrasepsi alami, dimana saat menyusui ada perubahan hormon tubuh yang menyebabkan tidak terjadinya kehamilan. Tetapi, seiring berjalannya waktu, hormon tubuh akan kembali normal dan seorang wanita akan kembali subur.

Apabila hormon sudah kembali normal, maka wanita tersebut akan kembali mengalami haid, yang berarti sudah subur dan dapat hamil kembali. Jika dikorelasikan dengan kondisi yang Anda alami, kemungkinan Anda juga sudah dapat hamil kedua kalinya, karena sudah mengalami haid yang teratur.

Apabila Anda mengalami keterlambatan haid bulan ini, Anda dapat memastikan dengan testpack apakah terjadi kehamilan atau tidak. Atau, Anda juga dapat melakukan USG di dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Selain karena kehamilan, keterlambatan haid juga bisa disebabkan karena:

  • Kelelahan fisik saat mengasuh anak
  • Stres psikologis
  • Pola tidur yang tidak teratur atau sering terbangun tengah malam saat menyusui
  • Pola makan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji atau minuman dengan pemanis buatan
  • Naik atau turunnya berat badan secara drastis dalam waktu cepat

Oleh karena itu, lakukan juga pola hidup sehat, dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, berusaha tidur cukup sebisa mungkin, dan mengendalikan tingkat stres ya. Mintalah dukungan kepada suami dan keluarga terdekat dalam mengasuh anak. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kuning pada bayi sering dialami oleh bayi yang baru lahir

Perbedaan Penyakit Kuning pada Bayi dengan Kernikterus

Penyakit kuning pada bayi disebut ikterus neonatorum. Jika penyakit ini memberat hingga bilirubin menumpuk pada otak maka bisa disebut dengan kernikterus. Gejala penyakit kuning dan kernikterus juga berbeda.