10 Oct 2021, 14:34Kandungan

Tiba-tiba tidak haid berbulan-bulan, kenapa?

RA
Info Penanya: RA0
Hallo dok, saya umur 13 tahun tapi saya telat datang haid bahkan sampai 5-6 bulan lebih, kalau kakak saya pernah juga tapi hanya 2 bulan sangat berbeda jauh dibandingkan saya. berbahaya tidak ya dok? Apa sebaiknya diperiksakan ke dokter?
118 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, RTerima kasih atas pertanyaan AndaSecara normal haid wanita terjadi dengan siklus 21 - 35 hari, artinya hampir setiap bulan wanita mengalami haid. Adapun kondisi secara tiba-tiba wanita tidak mengalami haidatau terlambat haid selama 90 hari berturut-turut (3 bulan) atau lebih disebut dengan amenorea sekunder. Salah satu penyebab amenorea sekunder adalah hamil, apabila ada riwayat berhubungan seksual sebelumnya. Selain hamil, amenorea sekunder juga bisa terjadi karena beberapa penyebab lain.

Di bawah ini adalah beberapa kemungkinan penyebab amenorea sekunder:

  • Efek pemakaian obat tertentu
  • Ketidakseimbangan homon pada tubuh
  • Kelelahan akibat beraktivitas berat
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Efek pemakaian KB
  • Perubahan berat badan secara drastis
  • Adanya kondisi medis lain
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda,saah satu kemungkinan penyebab amenorea sekunder yang terjadi pada Anda, salah satunya bisa karena kondisi yang disampaikan di atas. Terkait bahaya atau tidkanya, maka tergnantung daru penyebabnya. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat agar Anda mendapatkan tatalaksana yang sesuai dengan penyebab dari amenorea sekunder yang terjadi pada Anda. Usahakan Anda tetap menerapkan gaya hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, hindari kelelahan, perbanyak buah dan sayur dan terapkan gaya hidup sehat agar haid kembali lancar.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil